EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VI

Liviani, Ratna (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_RATNA REVISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS_RATNA REVISI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Augmented Reality terhadap hasil belajar IPA dan kemampuan berkomunikasi siswa kelas VI. Hal ini didasari oleh Teori Kognitif Pembelajaran Multimedia (MMLT) yang dikemukakan oleh Richard dan Roxana pada tahun 1999 yang didukung oleh teori belajar menurut Gagne pada tahun 1965. Serta masalah yang terjadi di lapangan berdasarkan hasil pra wawancara dan pra observasi. Diketahui bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV rendah dan sulitnya siswa dalam berkomunikasi untuk menyampaikan ide. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dan menggunakan desain pre-experiment dengan One-Group Pretest-Posttest. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 251 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa dari tiga sekolah, yaitu MIN Salatiga sebesar 27 siswa, MI Ma’arif Mangunsari 26 siswa, dan MIT Al-Barokah Tegalwaton 26 siswa. Pada mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik tes dan non tes berupa instrumen kuesioner/angket, instrumen observasi, soal tes dan dokumentasi. Sebelum melalukan analisis data diuji prasayarat terlebih dahulu dengan uji normalitas, homogenitas, linieritas dan multikolinieritas. Untuk analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah uji MANOVA, dan uji N-Gain. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan pada penelitian ini maka dapat diketahui bahwa hasil uji Monova dengan nilai Sig. 0,015 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) penggunaan media pembelajaran Augmented Reality efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI didukung oleh uji N-gain diketahui bahwa Mean pada N-Gain score sebesar 0,7323 sehingga hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Augmented Reality tinggi dan cukup efektif, 2) penggunaan media pembelajaran Augmented Reality efektif terhadap kemampuan berkomunikasi siswa kelas VI. Maka keterbaruan pada penelitian ini adalah media Augmented Reality dengan aplikasi SolAR dapat membantu siswa memahami materi yang abstrak menjadi konkret karena gambar yang jelas dan penjelasan yang detail pada media Augmented Reality.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Apr 2024 17:25
Last Modified: 22 Apr 2024 17:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20487

Actions (login required)

View Item View Item