PENGARUH MENONTON FILM BUKU HARIANKU TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V MIS HIDAYATUL ISTIQOMAH KEMBANGAN KOTA JAKARTA BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

, Ratna Liviani (2024) PENGARUH MENONTON FILM BUKU HARIANKU TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V MIS HIDAYATUL ISTIQOMAH KEMBANGAN KOTA JAKARTA BARAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RATNA LIVIANI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RATNA LIVIANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh menonton film Buku Harianku terhadap karakter siswa kelas V MIS Hidayatul Istiqomah Kembangan Kota Jakarta Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian eksperimen dan bersifat kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu angket. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berupa film, tabel, sumber buku, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh menonton film Buku Harianku terhadap karakter siswa kelas V MIS Hidayatul Istiqomah Kembangan Kota Jakarta Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Melalui uji prasyarat pada hasil uji normalitas diketahui jika nilai signifikansi pada Kolmogorov Smirnov dan Shapiro-Wilk > 0,05 maka data penelitian dinyatakan normal. Pada hasil uji linieritas dengan hasil 0,767 > 0,05 maka data dinyatanya memiliki hubungan linier antara variabel Film Buku Harianku (X) terhadap variabel Karakter Siswa (Y). Pada uji hipotesis dengan uji paired sample T-test diketahui jika data pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan eksperimen mengalami perubahan rata-rata. Pada uji regresi linier sederhana dengan nilai koefisiensi determinasi antara variabel Film Buku Harianku (X) terhadap variabel Karakter Siswa (Y) sebesar 0,480. Nilai ini berarti pengaruh Film Buku Harianku (X) terhadap variabel Karakter Siswa (Y) adalah sebesar 48%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Film Buku Harianku (X) memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap variabel Karakter Siswa (Y) dan 52% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya di luar variabel. Pada nilai signifikansi antara variabel Film Buku Harianku (X) terhadap variabel Karakter Siswa (Y) sebesar 0,004 lebih kecil < 0,05 maka secara simultan dapat disimpulkan bahwa variabel Film Buku Harianku (X) terhadap Karakter Siswa (Y) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Karakter Siswa (Y). Sehingga Ha dapat diterima, dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Apr 2024 17:31
Last Modified: 22 Apr 2024 17:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20488

Actions (login required)

View Item View Item