PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TATA SURYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2021/2022

fatmawati, Yusnita (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI TATA SURYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
YUSNITA FATMAWATI 23060180049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fatmawati, Yusnita. 2024. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Media Pop-Up Book pada Kelas IIV SMP Muhammadiyah 4 Kranggan Kabupaten Temanggung Tahun 2021/2022. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati S.pd., M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Project Based Learning (PjBL), Pop-Up Book, Sistem Tata Surya Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Kranggan Kabupaten Temanggung Tahun 2021/2022 IPA materi tata surya menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) media Pop-Up Book Tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), tersusun atas 2 siklus dimana tiap siklus melewati empat tahap diantaranya: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII dengan total siswa putri berjumlah 12 dan siswa putra 7 siswa. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan peningkatan hasil belajar IPA materi tata surya menggunakan model pembelajaran Projrct Based Learning (PjBL) dengan media Pop-Up Book kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Kranggan Kabupaten Temanggung tahun 2021/2022 terjadi peningkatan yang cukup signifikan, hal ini dapat dilihat dengan hasil sebelum dan sesudah dilakukan penelitian. Sebelum dilakukan tindakan mencapai KKM 6 siswa tuntas dengan persentase 28,57% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 13 siswa..Kemudian dari hasil refleksi setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media Pop-Up Book hasilnya meningkat. Pada siklus I siswa telah mencapai KKM yaitu sebanyak 8 siswa yang tuntas dengan persentase 42,10% nilai rata-rata 73,42 sedangkan setelah dilakukan refleksi terbukti di siklus II melebihi KKM sebesar dengan nilai mean 83,15 persentasenya yaitu 89% sudah mencapai indikator klasikal yaitu 85% hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil. Peneltian ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa tetapi juga keaktifan meningkat hal ini dibuktikan dengan hasil angket respon siswa menunjukkan banyak siswa menyukai pembelajaran dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang dipakai pada kegiatan pembelajaran berlangsung ditunjukkan dengan hasil persentase angket respon siswa mencapai 82,05%.  

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2024 17:18
Last Modified: 23 Apr 2024 17:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20495

Actions (login required)

View Item View Item