Makna dan Fungsi Sosial Tradisi Jembulan di Desa Pakah Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi Perspektif Verstehen Wilhelm Dilthey

RISNAINI, SITA OVIKA (2024) Makna dan Fungsi Sosial Tradisi Jembulan di Desa Pakah Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi Perspektif Verstehen Wilhelm Dilthey. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SITA OVIKA R.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SITA OVIKA R.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI SITA OVIKA R.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa makna dan fungsi sosial yang terkandung dalam tradisi Jembulan di Desa Pakah Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi. Bagaimana proses pelaksanaan tradisi Jembulan bagi masyarakat Desa Pakah. Dalam rumusan masalah terdapat sub pembahasan didalamnya, antara lain mengenai prosesi tradisi Jembulan, makna tradisi Jembulan menurut masyarakat dan fungsi sosial dari tradisi Jembulan bagi masyarakat desa Pakah. Peneitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis menyusun data dilakukan dilapangan merupakan tujuan untuk menentukan sesuatu tujuan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan obyek penelitian. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa tradisi Jembulan sudah ada sejak zaman dahulu, dan diwariskan hingga sekarang. Dalam proses tradisi Jembulan mempunyai makna dan fungsi sosial karena melibatkan banyak orang. Puncak acara tradisi Jembulan yakni proses perebutan hadiah yang terdapat di gunungan Jembulan dan pertunjukan wayang kulit. Kata Kunci : Makna Jembulan, Fungsi sosial, Desa Pakah Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2024 21:52
Last Modified: 24 Apr 2024 21:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20506

Actions (login required)

View Item View Item