PENDIDIKAN TAUHID DAN PEMBINAAN ETIKA SOSIAL PADA REMAJA DUSUN MUTERAN DESA SRUWEN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

ma'ruf, ahmad anas (2024) PENDIDIKAN TAUHID DAN PEMBINAAN ETIKA SOSIAL PADA REMAJA DUSUN MUTERAN DESA SRUWEN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Anas Ma'ruf .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anas Ma'ruf .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anas Ma'ruf .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anas Ma'ruf .pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anas Ma'ruf .pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pendidikan tauhid pada remaja dusun muteran desa sruwen kecamatan tengaran tahun 2023. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi etika sosial pada remaja dusun muteran desa sruwen kecamatan tengaran tahun 2023. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan tauhid pada remaja dusun muteran desa sruwen kecamatan tengaran tahun 2023. 4) Untuk mengetahui faktor yang pendukung dan penghambat etika sosial pada remaja dusun muteran desa sruwen kecamatan tengaran tahun 2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1 ) Pendidikan tauhid di Dusun Muteran Desa Sruwen berjalan dengan baik dan tersturktur. Terdapat beberapa majlis ta’lim untuk sebagai sarana pelaksanaan pendidikan tauhid seperti kegiatan ibadah, kegiatan sosial dan kegiatan organisasi sosial masyarakat. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan, kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari yaitu solat lima waktu secara berjama’ah, dan untuk kegiatan dziba’an, yasinan dan tahlilan, kajian, dan manaqiban dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan. 2) Implementasi etika sosial remaja di Dusun Muteran Desa Sruwen sangat membantu dalam menginterprestasikan ajaran agama yang dianut oleh Masyarakat melalui kegiatan gotong royong dan kumpul rutinan. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam kegiatan pendidikan tauhid di Dusun Muteran Desa Sruwen adalah terbatasnya waktu untuk remaja. Karena mereka harus mengatur waktu untuk bekerja, sekolah dan minat setiap individu yang terkadang tidak stabil. 4 ) Faktor Pendukung dan Penghambat pendidikan etika sosial di Dusun Muteran yaitu munculnya perasaan malas dan bosan untuk mengikuti kegiatan pada diri remaja. Adapun solusinya yaitu warga tetap memaklumi kesibukan yang dimiliki oleh setiap masing – masing individu dan berusaha untuk tetap merangkul, mengajak dan membimbing khususnya remaja agar terhindar dari perbuatan yang tidak sesuai dengan etika sosial maupun etika dalam beragama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 May 2024 17:42
Last Modified: 08 May 2024 17:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20512

Actions (login required)

View Item View Item