EKSPLORASI KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI MELALUI SIX FACTOR MODEL OF PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA MAHASISWA BERPRESTASI DI PEKAN SENI DAN OLAHRAGA NASIONAL (PESONA) I

Alfarizi, Abdul Khakim (2024) EKSPLORASI KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI MELALUI SIX FACTOR MODEL OF PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA MAHASISWA BERPRESTASI DI PEKAN SENI DAN OLAHRAGA NASIONAL (PESONA) I. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Abdul Khakim 43040200138 Psikologi Islam.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abdul Khakim 43040200138 Psikologi Islam.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abdul Khakim 43040200138 Psikologi Islam.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abdul Khakim 43040200138 Psikologi Islam.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kesejahteraan psikologi melalui six factor model of psychological well being pada mahasiswa berprestasi di Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) I. Six factor model of psychological well being yang dimaksud adalah model enam faktor kesejahteraan psikologis yang terdiri atas penerimaan diri (self-acceptance), pertumbuhan pribadi (personal growth), tujuan hidup (purpose in life), hubungan positif dengan orang lain (positive relations with others), penguasaan lingkungan (environmental mastery), dan otonomi (autonomy). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil observasi dan wawancara tiga mahasiswa berprestasi di Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) I dan sumber sekunder yang berupa dokumentasi lapangan, media sosial, dan artikel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi kesejahteraan psikologi 3 (tiga) mahasiswa berprestasi di Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) I yang berpartisipasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dalam keadaan sejahtera secara psikologi. Hal ini didasarkan pada eksplorasi kesejahteraan psikologi melalui six factor model of psychological well being yang menyatakan bahwa subjek pada aspek penerimaan diri (self-acceptance) mampu menerima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, pertumbuhan pribadi (personal growth) memiliki rencana menjadi lebih baik, tujuan hidup (purpose in life) mempunyai tujuan dalam hidupnya, hubungan positif dengan orang lain (positive relations with others) mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, penguasaan lingkungan (environmental mastery) memiliki kontrol lingkungan yang baik, dan otonomi (autonomy) memiliki kebebasan dalam memilih nasibnya sendiri. Dengan demikian, subyek secara umum memenuhi semua aspek dalam kondisi baik dari sisi verbal maupun non verbal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2024 16:20
Last Modified: 10 Jun 2024 16:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20533

Actions (login required)

View Item View Item