albab, muhammad ulul (2024) PENERAPAN PARENTING SCHOOL DALAM MEMBEKALI SKILL PENGASUHAN ORANG TUA PESERTA DIDIK PAUD KELOMPOK BERMAIN KARTINI UNDAAN KIDUL KUDUS. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
|
Text
Mohamad Ulul Albab NIM. 43040170099.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Albab, Mohamad Ulul. 2024. Penerapan Parenting School Dalam Membekali Skill Pengasuhan Orang Tua Peserta Didik PAUD Kelompok Bermain Kartini Undaan Kidul Kudus. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Reza Ahmadiansah, M.Si. Kata Kunci: Penerapan Parenting School, Pengasuhan Skill, PAUD Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mengetahui penerapan program parenting school dalam mendorong pemahaman pola asuh orang tua. 2) menerangkan dampak parenting school pada perubahan pola asuh 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program parenting school dalam mendorong pemahaman pola asuh orang tua. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara ketua yayasan, kepala sekolah waka humas, kedua wali murid dan sumber sekunder yang didapatkan berupa dokumentasi kegiatan parenting school dan kegiatan pembelajaran, adanya dokumen melalui penelitian sebelumnya. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta partisipasi peneliti sebagai pendekatan berbasis kualitatif.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan parenting school di kelompok bermain undaan kidul yang semula dilakukan secara asal-asalan berubah menjadi pelaksanaan yang lebih baik terencana 2) Dampak pelaksanaan parenting school dalam membekali skill pengasuhan orang tua peserta didik KB Kartini Undaan Kidul Kudus di antara; berubah nya pola asuh dari otoriter ke demokratis, bertambahnya wawasan dan pengetahuan orang tua peserta didik 3) Faktor pendukung pelaksanaan parenting school diantara nya; manegemen parenting school yang semakin membaik, meningkatnya kesadaran dan partisipasi aktif orang tua dalam mengikuti parenting school, adanya kerjasama dan sinergitas antara pengurus yayasan, pengurus komite, guru, serta wali murid. Faktor penghambat pelaksaan parenting school diantaranya; keterbatasan waktu pengelola yang bertugas di luar kota, sebagian besar masih ada wali murid yang belum ikut parenting, peserta parenting yang bergonta ganti.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 17:21 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 17:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20537 |
Actions (login required)
View Item |