PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN ZAKAT DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBAYAR ZAKAT DENGAN KESADARAN MEMBAYAR ZAKAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di BAZNAS Kabupaten Semarang)

SAPUTRA, ANDI (2024) PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN ZAKAT DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBAYAR ZAKAT DENGAN KESADARAN MEMBAYAR ZAKAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di BAZNAS Kabupaten Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_ANDI S_fix_122904.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_ANDI S_fix_122904.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_ANDI S_fix_122904.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_ANDI S_fix_122904.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh religiusitas, pengetahuan dan pendapatan terhadap keputusan muzakki membayar zakat dengan kesadaran sebagai variabel intervening (studi kasus di BAZNAS Kabupaten Semarang). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengolahan data yang diperoleh melalui kuisioner yang diberikan kepada para muzakki di BAZNAS Kabupaten Semarang. Total responden berjumlah 100 orang dengan teknik random sampling. Data diolah menggunakan SPSS 25. Analisis yang dipakai dalam penelitian ini meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji statistika dan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil dari pengujian yang dilakukan menghaslikan: 1) religiusitas mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap kesadaran. 2) pengetahuan tidak berpengaruh positif terhadap kesadaran. 3) pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap kesadaran. 4) kesadaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan. 5) religiusitas berpengaruh positif sinifikan terhadap keputusan dengan dimediasi kesadaran. 6) pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan dengan dimediasi kesadaran. 7) pendapatan tidak berpengaruh positif terhadap keputusan dengan dimediasi kesadaran. Kata Kunci : Religiusitas, Pengetahuan, Pendapatan, Kesadaran, Keputusan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2024 20:29
Last Modified: 12 Jun 2024 20:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20541

Actions (login required)

View Item View Item