PERSONAL BRANDING HABIB HUSEIN JA'FAR AL-HADAR (Studi pada Followers Nonmuslim Akun Instagram @husein_hadar)

Asshofa, Alfina Failasufa (2024) PERSONAL BRANDING HABIB HUSEIN JA'FAR AL-HADAR (Studi pada Followers Nonmuslim Akun Instagram @husein_hadar). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Personal Branding Habib Husein Ja'far Al-Hadar (Studi pada Followers Nonmuslim Akun Instagram husein_hadar) - Alfina Failasufa Asshofa - 43010200137 - Skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Personal Branding Habib Husein Ja'far Al-Hadar (Studi pada Followers Nonmuslim Akun Instagram husein_hadar) - Alfina Failasufa Asshofa - 43010200137 - Skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Personal Branding Habib Husein Ja'far Al-Hadar (Studi pada Followers Nonmuslim Akun Instagram husein_hadar) - Alfina Failasufa Asshofa - 43010200137 - Skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Personal Branding Habib Husein Ja'far Al-Hadar (Studi pada Followers Nonmuslim Akun Instagram husein_hadar) - Alfina Failasufa Asshofa - 43010200137 - Skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Personal Branding Habib Husein Ja'far Al-Hadar (Studi pada Followers Nonmuslim Akun Instagram husein_hadar) - Alfina Failasufa Asshofa - 43010200137 - Skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Personal Branding Habib Husein Ja'far Al-Hadar (Studi pada Followers Nonmuslim Akun Instagram husein_hadar) - Alfina Failasufa Asshofa - 43010200137 - Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Asshofa, Alfina Failasufa. (2024). Personal Branding Habib Husein Ja’far Al-Hadar (Studi pada Followers Nonmuslim Akun Instagram @husein_hadar). Skripsi. Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: personal branding, followers nonmuslim Penelitian ini dilakukan pada followers akun Instagram @husein_hadar. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui personal branding Habib Husein Ja'far Al-Hadar dalam persepsi dan sudut pandang umat nonmuslim. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Sumber data penelitan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari metode wawancara kepada tiga informan yaitu followers nonmuslim akun Instagram @husein_hadar. Sedangkan perolehan data sekunder didapatkan melalui observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi, eliminasi, pengontruksian wawancara menjadi deskripsi struktural, pengontruksian wawancara dan data sumber lain menjadi deskripsi tekstural, serta penggabungan dari deskripsi struktural dan tekstural menjadi data final yang menghasilkan makna dari permasalahan penelitian. Adapun data yang telah dianalisis, kemudian divalidasi menggunakan teknik keabsahan data fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Habib Husein Ja’far Al-Hadar telah memiliki 3 karakteristik dari 3 dimensi personal branding dalam persepsi umat nonmuslim. Habib Husein Ja’far berhasil membentuk personal branding yang memiliki kekhasan, relevansi, dan konsistensi. Kekhasan yang dimiliki oleh Habib Husein Ja’far adalah memiliki jargon yang khas, humoris, unik, gaul, stylish dan fleksibel, dakwahnya menggunakan media sosial dan bertema moderasi beragama, serta memiliki banyak sahabat nonmuslim. Relevansi personal branding Habib Husein Ja’far, dakwah moderasi beragama seusai ajaran agama lain, media dakwah sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat, hubungan pertemanan dengan sahabat-sahabat nonmuslim sangat relevan dengan gaya pertemanan followers nonmuslim. Aspek konsistensi Habib Husein Ja’far adalah konsisten berdakwah di media sosial dengan konten moderasi beragama, dan menampilkan gayanya yang khas, serta menampilkan interaksi positif dengan sahabat nonmuslim dan berbagai kalangan masyarakat di akun Instagram @husein_hadar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2024 18:53
Last Modified: 13 Jun 2024 18:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20543

Actions (login required)

View Item View Item