Komunikasi Interpersonal Pelatih dan Atlet Karate Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi di Sasana Schreuder Kota Salatiga

hutabarat, melania silfa (2024) Komunikasi Interpersonal Pelatih dan Atlet Karate Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi di Sasana Schreuder Kota Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi melania silfa.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hutabarat Melania, Silfa. 2024. Komunikasi Interpersonal Pelatih dan Atlet Karate Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi di Sasana Schreuder Kota Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Sya’ban Maghfur, M.Pd.I. Kata Kunci: komunikasi interpersonal, motivasi, dan prestasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang komunikasi interpersonal pelatih dengan atlet karate dalam meningkatkan motivasi dan prestasi di Sasana Schreuder Salatiga dan untuk menggali informasi tentang dampak dari komunikasi interpersonal pelatih dan atlet karate dalam meningkatkan motivasi dan prestasi di Sasana Schreuder Salatiga. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini melibatkan 7 informan, terdiri 2 pelatih, dan 5 atlet. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dan observasi langsung. Teknik triangulasi digunakan untuk memastikan keabsahan data dengan membandingkan informasi dari berbagai sumber, waktu, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komunikasi interpersonal antara pelatih dan atlet karate di Sasana Schreuder Kota Salatiga memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi atlet. Pendekatan komunikasi yang efektif, seperti keterbukaan, empati, sikap mendukung, dan kesetaraan, telah membantu membangun hubungan yang kuat antara pelatih dan atlet, serta menciptakan lingkungan pelatihan yang produktif dan mendukung. (2) dampak dari komunikasi interpersonal ini adalah adanya peningkatan motivasi dan prestasi atlet yang aktif berlatih, seperti terbukti dari keberhasilan Kiemas Sakti juara 1 Kumite putra SMP dan Bintang Salvatore juara 1 Kumite putra SMA pada Kejuaraan Popda Karate tingkat Kota Salatiga dan terjadi penurunan motivasi atlet yang tidak aktif berlatih, hal ini menunjukkan perlunya pelatih untuk terus mendukung dan memantau semua atlet, termasuk yang tidak aktif, untuk mencapai potensi penuh mereka dalam olahraga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Seni dan Olah Raga
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2024 17:28
Last Modified: 14 Jun 2024 17:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20548

Actions (login required)

View Item View Item