EKSISTENSI DAN KOMODIFIKASI EKONOMI POLITIK MEDIA PADA MEDIA ONLINE BETANEWS.ID DI TENGAH PERSAINGAN PERUSAHAAN MEDIA

Mahfur, Abdul Khalim (2024) EKSISTENSI DAN KOMODIFIKASI EKONOMI POLITIK MEDIA PADA MEDIA ONLINE BETANEWS.ID DI TENGAH PERSAINGAN PERUSAHAAN MEDIA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ABDUL KHALIM MAHFUR-KPI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABDUL KHALIM MAHFUR-KPI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABDUL KHALIM MAHFUR-KPI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABDUL KHALIM MAHFUR-KPI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABDUL KHALIM MAHFUR-KPI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABDUL KHALIM MAHFUR-KPI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Mahfur, Abdul Khalim. 2024. Eksistensi dan Komodifikasi Ekonomi Politik Media Pada Media Online Betanews.id Di Tengah Persaingan Perusahaan Media. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: M. Fahrudin Yusuf. Kata Kunci: Eksistensi, Komodifikasi, Media Online, Betanews.id Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komodifikasi yang dilakukan Betanews.id dan bagaimana eksistensi Betanews.id di tengah persaingan perusahaan media. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini meliputi data primer yang didapatkan melalui wawancara dengan Direktur dan sejumlah karyawan pada masing-masing divisi yang ada di Betanews.id, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dengan mengambil dokumentasi selama penelitian berlangsung dan juga arsip dokumen perusahaan Betanews.id. Adapun data pada penelitian ini didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya Betanews.id melakukan sejumlah komodifikasi di tengah persaingan perusahaan media berbasis online, seperti melakukan komodifikasi konten yang disesuaikan dengan apa yang disukai oleh khalayak, komodifikasi khalayak dengan banyaknya khalayak yang dimiliki yang kemudian menjadi suatu komoditas yang bisa ditawarkan kepada pengiklan, serta juga komodifikasi pekerja yang sedemikian rupa sehingga bisa mencapai tujuan bersama dalam perusahaan. Hal itu menjadikan Beta Media bertahan di tengah persaingan perusahaan media tersebut. Betanews.id juga melakukan strategi yang terbalut dalam komodifikasi sehingga eksistensi atau keberadaannya diakui, baik dari perspektif khalayak maupun perusahaan yang mengiklankan produknya di Betanews.id.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2024 20:05
Last Modified: 14 Jun 2024 20:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20551

Actions (login required)

View Item View Item