MODERASI PROFITABILITAS PADA PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) DAN ENVIRONMENTAL PERFORMANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Arifah, Ziinatul (2024) MODERASI PROFITABILITAS PADA PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) DAN ENVIRONMENTAL PERFORMANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Ziinatul Arifah 63040200063.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Ziinatul Arifah 63040200063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fenomena penelitian ini adalah peningkatan kapitalisasi pasar sektor investasi syariah di Indonesia, pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial Islami oleh perusahaan, serta isu pencemaran lingkungan oleh perusahaan yang ditanggapi oleh pemerintah melalui program PROPER. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh dari variabel investment opportunity set, Islamic corporate social responsibility, dan environmental performance terhadap nilai perusahaan dengan dimoderasi oleh profitabilitas. Populasi peneilitian adalah industri peka lingkungan dalam Indeks Saham Syariah Indonesia periode 2016-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling, yang menghasilkan 23 perusahaan sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan cara mengunduh laporan tahunan dari situs web BEI dan laporan PROPER dari situs web Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan analisis data panel dengan metode Moderated Regression Analysis (MRA) melalui program Eviews 9. Metode MRA menunjukkan beberapa temuan yaitu: investment opportunity set berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, Islamic corporate social responsibility dan environmental performance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas mampu memoderasi pengaruh investment opportunity set dan Islamic corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh environmental performance terhadap nilai perusahaan, serta profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2024 18:04
Last Modified: 15 Jun 2024 18:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20553

Actions (login required)

View Item View Item