KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BRINGIN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Zabilla, Febri Ayu (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BRINGIN KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Febri Ayu Zabilla (23070190095). T. MTK (S1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Febri Ayu Zabilla (23070190095). T. MTK (S1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Febri Ayu Zabilla (23070190095). T. MTK (S1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Febri Ayu Zabilla (23070190095). T. MTK (S1).pdf

Download (0B)
[img] Text
Febri Ayu Zabilla (23070190095). T. MTK (S1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah utuk mengetahui ada tidaknya keefektifitan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media aplikasi quizizz terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bringin Kab. Semarang dalam materi aljabar tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dilakukan dengan uji Independent Sample Test dengan data NGain Score menggunakan bantuan SPSS 19.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematika yang signifikan antara kelas eksperimen dengan model Problem Based Learing berbantuan meia apliasi quizizz dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensonal, karena nilai rata-rata peingkatan pemahaman konsep matematika lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dan ukuran efek dari penerapan pembelajaran model Problem Based Learing berbantuan meia apliasi quizizz terhadap pemahaman konsep matematika termasuk dala kategori tnggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learing berbantuan meia apliasi quizizz efektif terhadap pemahaman konsep matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2024 04:35
Last Modified: 17 Jun 2024 04:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20557

Actions (login required)

View Item View Item