PENGARUH PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT METINCA PRIMA INDUSTRIAL WORKS SALATIGA

, Dwiyan Adhi Prasetyo (2024) PENGARUH PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT METINCA PRIMA INDUSTRIAL WORKS SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Dwiyan Adhi Prasetyo - Naskah.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Dwiyan Adhi Prasetyo - Naskah.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Dwiyan Adhi Prasetyo - Naskah.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Dwiyan Adhi Prasetyo - Naskah.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Persepsi gaya kepemimpinan, komitmen organisasi, kinerja Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi gaya kepemimpinan situasial terhadap kinerja karyawan di PT Metinca Prima Industrial Works Salatiga. 2) Untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan di PT Metinca Prima Industrial Works Salatiga. 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi gaya kepemimpinan situasional dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan di PT Metinca Prima Industrial Works Salatiga. Jenis penelitian adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 280 karyawan PT Metinca Prima Industrial Works Salatiga. Sebanyak 74 karyawan menjadi sampel, ditentukan melalui random sampling dan melalui perhitungan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dari Skala Persepsi Gaya Kepemimpinan Situasional, Skala Komitmen Organisasi, dan Skala Kinerja Karyawan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan perangkat lunak IBM SPSS Statistic versi 25.0. Uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas telah dilakukan sebelum melakukan uji analisis. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan (16,8%) variabel persepsi gaya kepemimpinan situasional terhadap kinerja karyawan (0,002 ≤ 0,05). 2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan (0,075 ≤ 0,05). Hal ini dapat disebabkan oleh keterbatasan waktu dalam melakukan pekerjaan tidak sebanding dengan pekerjaan yang dilakukan, sehingga karyawan dengan komitmen rendah, sedang, maupun tinggi cenderung menunjukkan performa kinerja yang sama. 3) Ada pengaruh yang signifikan (18,5%) antara variabel persepsi gaya kepemimpinan dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,001 ≤ 0,05. Berdasarkan analisis deskriptif mayoritas responden memiliki persepsi gaya kepemimpinan situasional tinggi atau baik atau sebesar 54,1%. Sedangkan untuk komitmen organisasi mayoritas responden adalah sedang atau sebesar 86,5%, dan kinerja karyawan mayoritas responden berada pada kategori tinggi atau 86,1%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2024 17:32
Last Modified: 19 Jun 2024 17:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20566

Actions (login required)

View Item View Item