ANALISIS PESAN DAKWAH DALAM LIRIK LAGU "BILA WAKTU T'LAH BERAKHIR" KARYA OPICK (ANALISIS SEMIOTIK FERDINAND DE SAUSSURE)

listiyawan, Nafi' maulana fitri (2024) ANALISIS PESAN DAKWAH DALAM LIRIK LAGU "BILA WAKTU T'LAH BERAKHIR" KARYA OPICK (ANALISIS SEMIOTIK FERDINAND DE SAUSSURE). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NAFI’ MAULANA F.L 43010170166.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NAFI’ MAULANA F.L 43010170166.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NAFI’ MAULANA F.L 43010170166.pdf

Download (3MB)

Abstract

Listiyawan, Nafi’ Maulana Fitri. 2024. Analisis Pesan Dakwah Dalam Lirik Lagu “Bila Waktu T’lah Berakhir” Karya Opick (Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure). Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Suryanto. Kata Kunci: Musik, Lirik Lagu, Pesan Dakwah, Semiotik Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pesan dakwah dalam lirik lagu “Bila Waktu T’lah Berakir” dan relevansinya terhadap kehidupan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (Library Research) dan bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori analisis semiotik Ferdinand De Saussure. Sumber data pada penelitian ini meliputi sumber data primer yang didapatkan melalui teks lirik lagu “Bila Waktu T’lah Berakhir” karya Opick dan sumber data sekunder dalam penelitian ini didapatkan melalui buku dan karya ilmiah yang relevan serta beberapa situs web yang memuat konten yang relevan dengan subjek penelitian. Adapun data pada penelitian ini didapatkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan dalam lirik lagu “Bila Waktu T’lah Berakir” berdasarkan teori semiotik Ferdinand De Sasussure tentang Penanda (Signifier) dan Petanda (Signified), terdapat beberapa pesan dakwah yaitu: jangan merasa sombong; selalu mengingat dengan kematian; dunia dan segala isinya hanyalah hiasan dan semua pasti kembali kepada Allah SWT.; ketika kematian datang maka hanya amal kebaikan yang dibawa sebagai bekal menghadap-Nya. Pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu tersebut juga sangat relevan jika diimplementasikan oleh masyarakat sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan sesuai dengan syariat Islam karena mengandung tiga unsur yaitu pesan akidah, pesan syariah, dan pesan akhlak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2024 21:09
Last Modified: 19 Jun 2024 21:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20573

Actions (login required)

View Item View Item