PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, LIKUIDITAS, DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX 70 (JII 70) TAHUN 2018-2023

Hidayah, Adelia Nurul (2024) PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, LIKUIDITAS, DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX 70 (JII 70) TAHUN 2018-2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_ADELIA NURUL HIDAYAH_63030200054.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_ADELIA NURUL HIDAYAH_63030200054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari financial distress, likuiditas, dan pertumbuhan aset terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index 70 tahun 2018-2023 sebanyak 130 perusahaan sebagai populasi. Teknik penarikan sampelnya yaitu purposive sampling dan sampel yang diperoleh sebanyak 32 perusahaan. Teknik pengumpulan data berupa studi pustaka. Data dalam penelitian ini tergolong data sekunder berupa laporan keuangan dan tahunan perusahaan. Informasi mengenai data penelitian ini dapat diunduh dari website resmi BEI dan masing-masing perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Alat bantu analisis yang dipakai adalah Eviews 12. Hasil riset ini menyatakan bahwa financial distress dan likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan pertumbuhan aset berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian, variabel ukuran perusahaan mampu memoderasi hubungan financial distress dan likuiditas terhadap nilai perusahaan, sedangkan untuk pengaruh pertumbuhan aset terhadap nilai perusahaan tidak mampu dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Kebaruan dalam penelitian ini yaitu penambahan variabel moderasi dan penggunaan periode pengamatan yang terbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:14
Last Modified: 20 Jun 2024 02:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20576

Actions (login required)

View Item View Item