PENGARUH STRUKTUR MODAL, LEVERAGE, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 Tahun 2018-2023)

zahwan, Muhandis (2024) PENGARUH STRUKTUR MODAL, LEVERAGE, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 Tahun 2018-2023). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_MUHANDIS ZAHWAN_042.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHANDIS ZAHWAN_042.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHANDIS ZAHWAN_042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur modal, leverage, dan kebijakan deviden terhadap kualitas laba dengan firm size sebagai variable moderasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan populasi penelitian yaitu perusahaan yang aktif terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 selama tahun 2018-2023 yang berjumlah 130 perusahaan. Sampel yang dipilih menggunakan teknis purposive sampling dengan sampel 36 perusahaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi pustaka. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan perusahaan dengan tahun 2018-2023 yang di unduh di Bursa Efek Indonesia. Analisis data yang penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda, dengan aplikasi Eviews 12 yang didukung windows 11. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan struktur modal dan leverage memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laba, sedangkan kebijakan deviden tidak memiliki pengaruh terhadap kualitas laba. Variabel moderasi pada penelitian ini menghasilkan firm size mampu memoderasi pengaruh antara struktur modal dan leverage terhadap kualitas laba, tetapi tidak mampu memoderasi hubungan antara kebijakan deviden terhadap kualitas laba. Kebaruan dalam penelitian ini adalah penambahan variabel moderasi yaitu Firm Size dan tahun penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:23
Last Modified: 20 Jun 2024 02:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20577

Actions (login required)

View Item View Item