Pengaruh CEO Narcissism, CEO Islamic Background, dan CEO Educational Background terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Earnings Management sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di JII 70 di Tahun 2020-2023)

Afifah, Nurul (2024) Pengaruh CEO Narcissism, CEO Islamic Background, dan CEO Educational Background terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Earnings Management sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di JII 70 di Tahun 2020-2023). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NURUL AFIFAH_63040200031_MBS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah CEO narcissism, CEO islamic background, dan CEO educational background mampu mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di JII 70 tahun 2020-2022. Metode pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini dengan pendekatan Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian objektif yang mencakup pengumpulan data dan analisisnya melalui penggunaan teknik pengujian statistic. Lokasi penelitian ini dilakukan di perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks 70 (JII 70) dalam sektor aneka industri dari tahun 2020 hingga 2022. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2023. Penulis menggunakan teknik purposive sampling dan memperoleh 38 sample perusahaan. Dari hasil uji statistik yang dilakukan oleh penulis didapatkan bahwa CEO Narcissism berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan Perusahaan sementara CEO Islamic Background tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan Perusahaan. Selanjutnya Earnings management tidak dapat memoderasi hubungan CEO narcissism terhadap kinerja keuangan Perusahaan sedangkan Earnings management dapat memoderasi hubungan CEO Islamic Background terhadap kinerja keuangan Perusahaan. Untuk Earnings management tidak dapat memoderasi hubungan CEO Educational Background terhadap kinerja keuangan perusahaan. Dampak dari adanya CEO Narcissism berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan Perusahaan untuk menarik calon investor untuk berinvestasi di perusahaan tersebut karena tinggi atau rendahnya kepercayaan diri dari CEO akan berdampak pada kinerja keuangan. Kata Kunci: CEO Narcissism, Kinerja, Keuangan dan Perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2024 15:48
Last Modified: 21 Jun 2024 15:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20593

Actions (login required)

View Item View Item