HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA EDPUZZLE MATERI SISTEM PEREDARAN DARAHMANUSIA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs YASINTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Aini, Nur (2024) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA EDPUZZLE MATERI SISTEM PEREDARAN DARAHMANUSIA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs YASINTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SkripiNurAini23060180099.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SkripiNurAini23060180099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aini, Nur. 2024. Hubungan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Edpuzzle Materi Sistem Peredaran Darah Manusia dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Yasinta Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Tadris IPA Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata Kunci: Edpuzzle; Hasil Belajar; Problem Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media edpuzzle pada materi sistem peredaran darah manusia dengan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Yasinta Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menerapkan jenis kuantitatif dengan metodologi pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi sebanyak 1 kelas berjumlah 24 peserta didik pada penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII di MTs Yasinta Salatiga. Penghimpunan sampel pada penelitian ini menerapkan total sampling. Variabel bebas pada penelitian ini ialah model pembelajaran PBL menggunakan media edpuzzle, dengan variabel terikat hasil belajar siswa. Perolehan data pada penelitian ini menerapkan data tes dan non tes. Teknik analisis data menerapkan uji korelasi Rank Spearman. Perolehan penelitian memperlihatkan bahwa skor rerata hasil pretest 49,92 dengan nilai maksimum 63 dan nilai minimum 43. Nilai rata-rata posttest diperoleh 79,54 dengan skor maksimum 88 serta skor minimum 66. Kemudian berdasarkan hasil analisis uji korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya signifikansi hubungan angket dan n-gain score pada sig. (2-tailed) senilai 0,230 > 0,05 diartikan tidak ada hubungan antara angket respon siswa dengan nilai n-gain hasil belajar siswa. Berdasarkan tingkat kekuatan atas dasar output spss didapati koefisien korelasi senilai 0,255 yang berarti tingkat kekuatan hubungan (korelasi) angket respon siswa dengan n-gain hasil belajar siswa dalam kategori rendah. Kemudian berdasarkan dari arah (jenis) hubungan angket respon siswa dengan n-gain hasil belajar siswa positif hingga korelasi keduanya searah. Dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,230 > 0,05 yang artinya Ho diterima dan Ha ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning menggunakan media edpuzzle pada materi sistem peredaran darah manusia tidak mempunyai hubungan dengan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Yasinta Salatiga tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2024 16:07
Last Modified: 21 Jun 2024 16:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20594

Actions (login required)

View Item View Item