PENGARUH PENGGUNAAN KEY RELATION CHART (KR-CHART)DALAM METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Dewanti, Gizha Etika (2024) PENGARUH PENGGUNAAN KEY RELATION CHART (KR-CHART)DALAM METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI GIZHA FINAL RESULT.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI GIZHA FINAL RESULT.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI GIZHA FINAL RESULT.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI GIZHA FINAL RESULT.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dewanti, G. E. (2024). Pengaruh Penggunaan Key Relation Chart (KR-Chart) Dalam Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP Muhammadiyah Salatiga. Skripsi, Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Dr.Khusna Widhyahrini, S.Pd,. M.Si. Salatiga: UIN Salatiga. Kata Kunci: Key Relation Chart, Mind Mapping, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan pengaruh media KR-Chart dalam metode mind mapping terhadap hasil belajar IPA pada materi klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pretest Posttest Non-equivalen Control Group Design. Pengambilan data dilakukan pada peserta didik kelas VII A sebanyak 19 peserta sebagai kelompok eksperimen dan 17 peserta didik dari kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu data tes dengan melakukan pretest dan posttest, serta data non tes berupa angket respon siswa. Melalui analisis data yang telah disesuaikan dengan metode penelitian hasil yang didapat dari uji T-Test menunjukkan thitung (2.192) dan ttabel (2.036) dengan signifikansi (2 tailed) 0,035 < 0,05 yang berarti ada perbedaan signifikan sehingga Ha diterima dan HO diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan KR-Chart dalam metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Muhammadiyah Salatiga tahun Pelajaran 2023/2024. Hal ini juga didukung dengan hasil angket respon siswa yang menunjukkan kategori “Baik” dengan rata-rata 52,64% pada kelompok KR-Chart dan 58,82% pada kelompok konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2024 17:22
Last Modified: 21 Jun 2024 17:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20596

Actions (login required)

View Item View Item