PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, TINGKAT PENDIDIKAN, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA (TPT) TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2018 - 2023 DENGAN ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Aprillia, Shinta Atika (2024) PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, TINGKAT PENDIDIKAN, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA (TPT) TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2018 - 2023 DENGAN ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Shinta Atika Aprillia_Skripsi Fiks.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Shinta Atika Aprillia_Skripsi Fiks.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Shinta Atika Aprillia_Skripsi Fiks.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh jumlah penduduk, tingkat pendidikan, pertumbuhan ekonomi, dan tingkat pengangguran terbuka terhadap tingkat kemiskinan di provinsi Jawa Tengah tahun 2018 – 2023 dengan zakat sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diambil dari website BPS Jateng serta Baznas Jateng. Data yang digunakan adalah data panel yakni gabungan antara time series dari 2018-2023 dan cross section sebanyak 26 Kab/Kota dengan teknik purposive sampling. Alat analisis menggunakan Eviews 12 dan model yang terpilih common effect model. Hasil penelitian menunjukkan jumlah penduduk berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat kemiskinan, tingkat pendidikan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan, pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif signifikan, tingkat pengangguran terbuka dan zakat berpengaruh positif tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Sementara zakat tidak mampu memoderasi semua variabel terhadap tingkat kemiskinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2024 21:35
Last Modified: 21 Jun 2024 21:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20602

Actions (login required)

View Item View Item