PENGARUH UTANG LUAR NEGERI, PERDAGANGAN INTERNASIONAL, INVESTASI DAN SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

Nuraini, Dian Fitria (2024) PENGARUH UTANG LUAR NEGERI, PERDAGANGAN INTERNASIONAL, INVESTASI DAN SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Dian Fitria Nuraini_63020200017_Skripsi fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dian Fitria Nuraini_63020200017_Skripsi fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dian Fitria Nuraini_63020200017_Skripsi fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dian Fitria Nuraini_63020200017_Skripsi fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi menjadi tujuan utama di suatu Negara dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan nasional yang merata . penelitian ini berfokus pada kebijakan fiskal terkait pendapatan Negara Indonesia yang dihasilkan oleh pemerintah guna untuk menambah pendapatan dan mengurangi terjadinya defisit anggaran APBN ditinjau dari sektor konvesnsional maupun syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh utang luar negeri, perdagangan internasional, investasi, dan surat berharga syariah negara tergadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sebagai analisis data dan menggunakan data sekunder yang berventuk time series. Data yang digunakan merupakan data sekunder diperoleh melalui BPS, BI, BKPM, OJK dari tahun 2011-2023. Berdasarkan uji hipotesis yang didapat hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel dependen Utang Luar Negeri berpengaruh positif dan tidak signifikan, Perdagangan Internasional berpengaruh negatif dan tidak signifikan, Investasi berpengaruh positif dan tidak signifikan dan SBSN berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel independen Pertumbuhan Ekonomi yang ditunjukan melalui Produk Domestik Bruto (PDB).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jun 2024 21:35
Last Modified: 21 Jun 2024 21:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20603

Actions (login required)

View Item View Item