RELASI SUAMI ISTRI DALAM KELUARGA BURUH LUAR KOTA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM DAN GENDER (Studi kasus di Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara)

istiyani, Dewi (2024) RELASI SUAMI ISTRI DALAM KELUARGA BURUH LUAR KOTA PERSPEKTIF HUKUM KELUARGA ISLAM DAN GENDER (Studi kasus di Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AKHIIR JILID DEWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI AKHIIR JILID DEWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI AKHIIR JILID DEWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI AKHIIR JILID DEWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI AKHIIR JILID DEWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI AKHIIR JILID DEWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI AKHIIR JILID DEWI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewi Istiyani, (33010190021), 2024. Relasi Suami Istri dalam Keluarga Buruh Luar Kota Perspektif Hukum keluarga Islam dan Gender (Studi Kasus di Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo kabupaten Jepara), Skripsi, Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syari’ah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Siti Zumrotun, M.Ag. Kata Kunci: Relasi Suami Istri, Buruh Luar Kota, Hukum keluarga Islam, Gender. Dalam menjalankan rumah tangga setiap keluarga tentu akan mengalami berbagai rintangan, apalagi dengan adanya jarak yang yang membuat suami istri berjauhan dan tidak dapat berinteraksi secara langsung di setiap harinya, namun hal ini tentu tidak akan menjadi masalah apabila suami istri memiliki relasi yang baik sehingga rumah tangga tetap berjalan dengan baik. Dengan demikian, menjadi menarik untuk dikaji dengan rumusan masalah sebagai berikut; 1) bagaimana relasi suami istri keluarga buruh luar kota di Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara, 2) bagaimana relasi suami istri keluarga buruh luar kota di Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara perspektif Hukum Keluarga Islam dan Gender. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research). Penulis memperoleh data secara langsung dari lapangan sesuai dengan pendekatan yuridis empiris yang datanya di dapatkan secara langsung dari masyarakat sebagai sumber pertama yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Relasi suami istri pada keluarga buruh luar kota desa Sekuro ini terdapat empat pola relasi yaitu relasi owner property, relasi head complement, senior-junior partner dan relasi equal partner. 2) Relasi suami istri pada keluarga buruh luar kota di Desa Sekuro menerapkan bahwa peran suami adalah sebagai pemimpin rumah tangga yang bertanggung jawab atas pemenuhan kebutuhan keluarga dimana hal ini sesuai dengan relasi suami istri dalam hukum keluarga islam. Namun juga terjadi pergeseran peran karena istri yang juga berperan aktif dalam mencari nafkah. Sedangkan Relasi suami istri keluarga buruh luar kota di Desa Sekuro perspektif gender yakni sebagian besar belum menerapkan relasi kemitraan gender dimana hal ini berakibat pada kurangnya kesetaraan dan keadilan gender dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2024 02:11
Last Modified: 22 Jun 2024 02:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20606

Actions (login required)

View Item View Item