PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), PERTUMBUHAN LABA, DAN KEAHLIAN AKUNTANSI KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2020-2022

Sholikhah, Mar'atus (2024) PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), PERTUMBUHAN LABA, DAN KEAHLIAN AKUNTANSI KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2020-2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Mar'atus Sholikhah 63030200073.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Mar'atus Sholikhah 63030200073.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Mar'atus Sholikhah 63030200073.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh investment opportunity set (IOS), pertumbuhan laba, dan keahlian akuntansi komite audit terhadap kualitas laba dengan menjadikan konservatisme akuntansi sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2020-2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan data panel yang diperoleh dari data sekunder laporan keuangan yang telah dipublikasikan melalui website IDX atau pada website resmi perusahaan. Selanjutnya sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan, sehingga menghasilkan 41 perusahaan yang memenuhi kriteria dengan tahun pengamatan 3 tahun. Sehingga total sampel yang digunakan sebanyak 123 sampel. Setelah dilakukan pengujian dengan alat bantu eviews 12, diperoleh hasil bahwa investment opportunity set (IOS), pertumbuhan laba, dan keahlian akuntansi komite audit tidak berpengaruh terhadap kualitas laba, dan konservatisme akuntansi tidak mempu memoderasi pengaruh investment opportunity set (IOS), pertumbuhan laba, dan keahlian akuntansi komite audit terhadap kualitas laba. Akan tetapi, variabel konservatisme akuntansi berpengaruh positif signifikan secara langsung terhadap kualitas laba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Jun 2024 03:00
Last Modified: 22 Jun 2024 03:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20607

Actions (login required)

View Item View Item