Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Umkm Muslim Di Kecamatan Bandungan)

Rokhim, Luthfi Nur (2024) Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Umkm Muslim Di Kecamatan Bandungan). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LUTHFI NUR ROKHIM_NIM_63040180158.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUTHFI NUR ROKHIM_NIM_63040180158.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Pada UMKM Muslim di Kecamatan Bandungan. Data pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang telah diedarkan kemudian diuji menggunakan SPSS V25. Sampel dari penelitian ini merupakan pelaku UMKM Muslim kecamatan Bandungan sebanyak 88 responden. Dari analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. (2) Orientasi pasar berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing. (3) Inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing. (4) Keunggulan bersaing berpengaruh positf signifikan terhadap kinerja pemasaran. (5) Orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. (6) Orientasi pasar berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran. (7) Inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran. (8) Keunggulan bersaing mampu memediasi hubungan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. (9) Keunggulan bersaing mampu memediasi hubungan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. (10) Keunggulan bersaing mampu memediasi hubungan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Kata kunci: Orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, inovasi produk keunggulan bersaing, kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2024 18:00
Last Modified: 24 Jun 2024 18:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20626

Actions (login required)

View Item View Item