PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN PADA SMP PLUS DAARUL AHGAFF PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

KUSUMA, MUHAMAD ARIF WAHYU (2024) PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN PADA SMP PLUS DAARUL AHGAFF PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMAD ARIF WAHYU KUSUMA 23010180117.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MUHAMAD ARIF WAHYU KUSUMA 23010180117.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kusuma Muhamad Arif Wahyu. 2024. Skripsi. Pembelajaran PAI Di Sekolah Berbasis Pesantren Pada SMP Plus Daarul Ahgaff Pabelan Kabupaten Semarang: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rovi’in, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Berbasis Pesantren Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses Pembelajaran PAI di Sekolah berbasis Pesantren di SMP Plus Daarul Ahgaff Tahun Ajaran 2023/2024. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari dalam Pembelajaran PAI di sekolah berbasis Pesantren di SMP Plus Daarul Ahgaff Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dapat dikategorikan ke dalam penelitian lapangan (Field research) dengan mengunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atau subjek penelitian melalui teknik pengumpulan data. Penyajian data sebagaimana yang telah dipaparkan di bab III bahwa penelitian ini menggunakan trigulasi teknik penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Trigulasi teknik ini dilakukan guna mendapatkan dan mengumpulkan data yang sesuai dengan fokus penelitian, yaitu tentang bagaimana penerapan PAI berbasis pesantren di SMP Plus Daarul Ahgaff Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pembelajaran PAI bebrasis Pesantren di SMP Plus Daarul Ahgaff dilakukan dengan uapaya memberikan solusi pengoptimalan pendidikan agama Islam di sekolah agar dapat mencetak sumber daya manusia yang memiliki iman yang kuat, bertaqwa kepada Allah SWT, memiliki pengetahuan keagamaan serta berwawasan global dan berpegang pada Al-Quran dan hadis dengan ajaran ahlussunnah wal jamaah dan startegi tersebut yaitu dengan penggunaan strategi pembelajaran yang beragam dengan metode-metode di dalamnya meliputi pembelajaran langsung dengan berbagai metode seperti metode ceramah, pembiasaan dan tanya jawab. 2) Faktor yang mendukung antara lain yaitu kerja sama yang baik anatra pihak dari yasasan, kepala sekolah SMP, para pendidik dan orang tua peserta didik, dan adanya tambahan jam belajar di luar sekolah formal, yang membuat peserta didik semakin menambah ilmu pengetahuan yanga kan diperolehnya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya sarana prasarana yang memadai, yang membuat peserta didik menjadi kurang nyaman dalam belajar, serta penggunaan metode yang masih tradisional yang membuat peserta didik mengantuk dan tidak menghiraukan pendidik, serta berbagai alasan yang beragam yang menjadikan peserta didik malas dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2024 21:45
Last Modified: 24 Jun 2024 21:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20640

Actions (login required)

View Item View Item