SINERGI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PAI DALAM SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP N 1 BLORA

ROSYADA, NURIA AMRINA (2024) SINERGI KEPALA SEKOLAH DAN GURU PAI DALAM SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP N 1 BLORA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_NURIA AMRINA ROSYADA_12010210034.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TESIS_NURIA AMRINA ROSYADA_12010210034.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TESIS_NURIA AMRINA ROSYADA_12010210034.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rosyada, Nuria Amrina. 2024. Sinergi Kepala Sekolah dan Guru PAI dalam Supervisi Akademik Berbasis Coaching pada Pembelajaran PAI di SMP N 1 Blora. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S.Ag., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pelaksanaan sinergi Kepala Sekolah dan Guru PAI dalam Supervisi Akademik Berbasis Coaching pada Pembelajaran PAI di SMP N 1 Blora. 2) menganalisis faktor penghambat dan pendukung sinergi Kepala Sekolah dan Guru PAI dalam Supervisi Akademik Berbasis Coaching pada Pembelajaran PAI di SMP N 1 Blora 3) menganalisis hasil pelaksanaan sinergi Kepala Sekolah dan Guru PAI dalam Supervisi Akademik Berbasis Coaching pada Pembelajaran PAI di SMP N 1 Blora. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan melibatkan Kepala Sekolah dan Guru PAI di SMPN 1 Blora sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi teknik, perpanjangan pengamatan, dan peningkatan ketekunan. Analisis data dilakukan menggunakan metode Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sinergi antara Kepala Sekolah dan Guru PAI di SMPN 1 Blora dalam supervisi akademik berbasis Coaching terbukti efektif melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Teknik kunjungan kelas, wawancara personal, dan rencana pengembangan pribadi digunakan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan mendukung perkembangan guru PAI. 2) Faktor pendukung termasuk perencanaan yang matang, tujuan supervisi yang jelas, pemantauan yang berkesinambungan, dan umpan balik yang konstruktif. Namun, terdapat beberapa hambatan seperti inkonsistensi dalam pelaksanaan supervisi. 3) Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan penggunaan teknologi, pengembangan metode pengajaran, dan pembentukan komunitas pembelajaran profesional. Hal ini menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan profesional guru PAI di SMP N 1 Blora. Kata Kunci: Sinergi, Supervisi Akademik, Coaching

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2024 22:28
Last Modified: 24 Jun 2024 22:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20641

Actions (login required)

View Item View Item