NIKMAH, LAILA KHOERUN (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI SALATIGA PADA POKOK MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI LAILA KHOERUN NIKMAH 23060200029.pdf Download (9MB) |
|
Text
SKRIPSI LAILA KHOERUN NIKMAH 23060200029.pdf Download (9MB) |
|
Text
SKRIPSI LAILA KHOERUN NIKMAH 23060200029.pdf Download (9MB) |
|
Text
SKRIPSI LAILA KHOERUN NIKMAH 23060200029.pdf Download (9MB) |
|
Text
SKRIPSI LAILA KHOERUN NIKMAH 23060200029.pdf Download (9MB) |
|
Text
SKRIPSI LAILA KHOERUN NIKMAH 23060200029.pdf Download (9MB) |
|
Text
SKRIPSI LAILA KHOERUN NIKMAH 23060200029.pdf Download (9MB) |
|
Text
SKRIPSI LAILA KHOERUN NIKMAH 23060200029.pdf Download (9MB) |
|
Text
SKRIPSI LAILA KHOERUN NIKMAH 23060200029.pdf Download (9MB) |
Abstract
Nikmah, Laila Khoerun. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Negeri Salatiga pada Pokok Materi Sistem Pencernaan Manusia. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Problem Based Learning; Media Pembelajaran; E-Comic Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Analisis kebutuhan media pembelajaran e-Comic berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri Salatiga pada pokok materi sistem pencernaan manusia; 2) Proses pengembangan media pembelajaran e-Comic berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri Salatiga pada pokok materi sistem pencernaan manusia; 3) Karakteristik media pembelajaran e-Comic berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri Salatiga pada pokok materi sistem pencernaan manusia; 4) Tingkat kelayakan media pembelajaran e-Comic berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri Salatiga pada pokok materi Sistem Pencernaan Manusia; dan 5) Tingkat kepraktisan e-Comic berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri Salatiga pada pokok materi sistem mencernaan Manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan memodifikasi dari desain penelitian 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan menjadi 3-D. Penelitian ini memiliki 3 tahapan yaitu: 1) Define; 2) Design; dan 3) Development. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen nontes. Instrumen nontes berupa pedoman wawancara dan lembar angket untuk mengetahui kebutuhan guru dan peserta didik, kelayakan, dan kepraktisan. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan peneliti adalah produk aplikasi media pembelajaran e-Comic berbasis Problem Based Learning pada pokok materi sistem pencernaan manusia. Aplikasi tersebut diberi nama “SCICOM.PBL”, yakni SCIENCE COMIC berbasis Problem Based Learning yang dapat diakses melalui handphone. Hasil uji kelayakan produk memperoleh persentase 95,58% pada aspek media dengan kategori sangat layak, kemudian pada aspek materi dan bahasa memperoleh persentase 93,75% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh 96,66% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik memperoleh persentase 83,5% dengan kategori sangat praktis. Maka, dapat disimpulkan e-Comik berbasis Problem Based Learning dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Produk e-Comik berbasis Problem Based Learning diharapkan dapat menjadi salah satu media pembelajaran bagi peserta didik yang menarik dan tidak membosankan. Hasil penelitian ini berimplikasi antara lain:1) e-Comic yang dikembangkan bisa memberikan rasa motivasi serta minat belajar peserta didik terhadap pelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia; 2) Memberi kemudahan bagi peserta didik untuk mencermati konsep dan materi tentang sistem pencernaan manusia; 3) Memberikan pengalaman belajar siswa yang bisa membantu mereka untuk belajar mandiri; dan 4) Dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media atau bahan ajar untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan dapat digunakan peserta didik sebagai salah satu sumber belajar untuk menambah pengetahuan dan wawasan. E-Comic yang telah peneliti kembangkan memiliki kebaruan dari penelitian sebelumnya yakni berbasis model Problem Based Learning, dilengkapi dengan beberapa video, dan terdapat soal-soal kuis untuk mengetes pemahaman peserta didik setelah membaca e-Comic berbasis Problem Based Learning pada pokok bahasan sistem pencernaan manusia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 22:46 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 22:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20643 |
Actions (login required)
View Item |