PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ANDALUSIA: KOTA PERADABAN ISLAM DIBARAT (756-1031M) DENGAN METODE SNOW BALL THROWING MEDIA EDPUZZLE PADA SISWA KELAS VII SMP NU 1 WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024

ALIMUDIN, FARHAN (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ANDALUSIA: KOTA PERADABAN ISLAM DIBARAT (756-1031M) DENGAN METODE SNOW BALL THROWING MEDIA EDPUZZLE PADA SISWA KELAS VII SMP NU 1 WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FARHAN ALIMUDIN 23010190377 SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FARHAN ALIMUDIN 23010190377 SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FARHAN ALIMUDIN 23010190377 SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FARHAN ALIMUDIN 23010190377 SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FARHAN ALIMUDIN 23010190377 SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FARHAN ALIMUDIN 23010190377 SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Alimudin, Farhan. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Andalusia: Kota Peradaban Islam Dibarat (756-1031 M) Dengan Metode Snow Ball Throwing Media Edpuzzle Pada Siswa Kelas VII Smp Nu 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Agus Purnomo, M. Eng. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Snow Ball Throwing, Media Edpuzzle. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VII SMP Nu 1 Wonosegoro pada saat ulangan harian mata Pelajaran Pendidikan agama islam materi Andalusia: kota peradaban islam dibarat (756-1031 M). Faktor penyebabnya adalah penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga siswa menjadi pasif saat pembelajaran dan mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Andalusia: Kota Peradaban Islam Dibarat (756-1031 M) menggunakan Metode Snow Ball Throwing Media Edpuzzle Pada Siswa Kelas VII Smp Nu 1 Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024. Adapun rumusan masalah yang akan dikaji: apakah dengan melalui metode snow ball throwing media edpuzzle dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi Andalusia: kota peradaban islam dibarat (756-1031 M) pada siswa kelas VII SMP Nu 1 Wonosegoro Kab. Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024? Untuk menjawab rumsan masalah diatas peneliti menggunakan jenis metode penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Yang disetiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yatu perencanaan (Planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMP Nu 1 Wonosegoro yang berjumlah 32 siswa dengan obyek peneltian berfokus pada peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode snow ball throwing dan media edpuzzle. Hasil penelitian dengan penerapan metode snow ball throwing media edpuzzle menunjukkan bahwa presentase ketuntasan pada pra siklus sebesar 28,1% atau hanya 9 siswa yang tuntas dari 32 siswa. Meningkat pada siklus I menjadi 62,5% atau 20 siswa yang tuntas dari 32 siswa. Dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90,6 % atau 29 siswa yang tuntas dari 32 siswa. Dengan perolehan nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan yaitu pada tahap pra siklus nilai rata-rata siswa sebesar 60,31, pada siklus I meningkat menjadi 71,40 dengan peningkatan dari pra siklus sebanyak 11,09. Pada siklus ke II nilai rata-rata meningkat menjadi 82,18 dengan peningkatan dari siklus I sebanyak 10,31. Hal tersebut memperlihatkan bahwasanya pengaplikasian metode snow ball throwing media edpuzzle bisa meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas VII SMP Nu 1 Wonosegoro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2024 14:13
Last Modified: 25 Jun 2024 14:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20653

Actions (login required)

View Item View Item