PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN PSIKOSOSIAL TERHADAP KECENDERUNGAN DEPRESI PADA REMAJA DESA SUKOMULYO KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG

Khasanah, Fitri Nur (2024) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN PSIKOSOSIAL TERHADAP KECENDERUNGAN DEPRESI PADA REMAJA DESA SUKOMULYO KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FITRI NUR KHASANAH (2) (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Khasanah, Fitri Nur. 2024. Pengaruh Dukungan Sosial dan Psikososial Terhadap Kecenderungan Depresi Pada Remaja Desa Sukomulyo Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: Dukungan Sosial, Psikososial, Depresi, Remaja Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Dukungan Sosial dan Psikososial terhadap kecenderungan Depresi pada Remaja Desa Sukomulyo Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalah kausal untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara variabel independen dan variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah Remaja Desa Sukomulyo Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 81 sampel, dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik probability sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan skala Dukungan Sosial, Psikososial dan Depresi. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan teknik Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara dukungan sosial terhadap depresi pada remaja. Dapat diketahui dari hasil t hitung sebesar 6,407 > 1,990 dan nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti adanya pengaruh signifikan antara dukungan sosial terhadap depresi pda remaja Desa Sukomulyo. 2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara psikososial terhadap depresi pada remaja. Dapat diketahui dari hasil t hitung sebesar 14,528 > 1,990 dan nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti adanya pengaruh signifikan antara psikososial terhadap depresi pada remaja Desa Sukomulyo. 3) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara dukungan sosial dan psikososial terhadap depresi pada remaja Desa Sukomulyo. Dapat diketahui nilai F hitung sebesar 115,908 > 3,11 dan nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti adanya pengaruh secara signifikan dukungan sosial dan psikososial terhadap kecenderungan depresi pada remaja Desa Sukomulyo, Kecamatan Kajoran,Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Biografi dan Sejarah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2024 18:08
Last Modified: 25 Jun 2024 18:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20660

Actions (login required)

View Item View Item