PEMBINAAN KEAGAMAAN ISLAM DAN AKTUALISASI DIRI BAGI NARAPIDANA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2022

SARI, DEWI WULAN (2024) PEMBINAAN KEAGAMAAN ISLAM DAN AKTUALISASI DIRI BAGI NARAPIDANA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DEWI WULAN SARI 2300170214.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DEWI WULAN SARI 2300170214.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan : 1) pelaksanaan pembinaan keagamaan bagi narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Magelang. 2) fungsi agama bagi Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Magelang. 3) untuk mendeskripsikan aktualisasi Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Magelang dalam menerapkan nilai-nilai agama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data diperoleh bersumber dari sumber data primer dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data lain adalah sumber data sekunder yakni dengan refrensi, arsip Lapas dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dilaukan dengan observasi,dokumentasi dan wawancara dengan mencari informasi pada dua pegawi lapas,satu pegawai kemenag, serta empat narapidana laki-laki dan dua narapidana wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pelasksanaan pembinaan keagamaan bagi narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Magelang dilakukan Madrasah Diniyah secara rutin oleh Pegawai Kemenag, Pegawai Lapas, dan Narapidana. Materi yang diberikan yakni: akidah akhlak, fiqih, tajwid, al-qur’an hadis, dan kitab-kitab dasar, pelaksanaan dilakukan di masjid Lapas dan blok wanita. Pelaksanaan pembiasaan salat berjama’ah, ibadah-ibadah sunah ,tadarus, pembacaan Yasin Tahlil, al-barjanji, dan diskusi keagamaan. 2) fungsi agama yakni: agama sebagai pembimbing hidup, penenang (ketenangan), pengendali akhlak, pengawas (social kontrol), edukasi dalam menjalankan perintah baik dan menghindari perbuatan yang dilarang agama, dan sebagai pemupuk solidaritas. 3) Bentuk aktualisasi narapidana mengenai nilai-nilai Agama di Lapas Kelas IIA Kab. Magelang yakni : tingkah laku, sikap dan pola pikir. Hasil analisis teori yang berkaitan dengan judul skrip:1) Pelaksanaan Pembianaan Keagamaan Islam di Lapas Kelas II A Magelang dari segi Ruang Lingkup,Materi dan Metode Pembinaan sesuai dengan teori Nurjaman. 2) Fungsi Agama bagi Narapidana Lapas Kelas II A Magelang sesuai degan teori Nurjaman 3) Aktualisasi diri Narapidna dalam melaksanakan nilai-nilai di Lapas Kelas II A Magelang sesuai dengan teori Maslow bahwa narapidana mampu memotivasi diri sendiri untuk mengembnagkan menjadi insan yang lebih baik dengan membiasakan mengaktualisasikan nilai-nilai islam yang diperoleh di Lapas Kelas II A Magelang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2024 21:32
Last Modified: 25 Jun 2024 21:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20671

Actions (login required)

View Item View Item