PEMBERDAYAAN KELOMPOK TERNAK LOBO III MELALUI USAHA PETERNAKAN KAMBING DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA SURU KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN

SYA'RONI, MOH. AMIN (2024) PEMBERDAYAAN KELOMPOK TERNAK LOBO III MELALUI USAHA PETERNAKAN KAMBING DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA SURU KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MOH. AMIN SYA'RONI_43030190075.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MOH. AMIN SYA'RONI_43030190075.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MOH. AMIN SYA'RONI_43030190075.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sya‟roni, Moh. Amin. 2024. PEMBERDAYAAN KELOMPOK TERNAK LOBO III MELALUI USAHA PETERNAKAN KAMBING DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA SURU KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Universitas Negeri Salatiga. Pembimbing: Saipullah Hasan, M.A. Kata Kunci: Pemberdayaan masyarakat, Usaha Peternakan Kambing. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah, 1.) Untuk mengetahui tahapan pemberdayaan Kelompok Ternak Lobo III melalui usaha peternakan kambing dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Suru Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan. 2.) Untuk mengetahui bagaimana dampak yang dirasakan dari pemberdayaan Kelompok Ternak Lobo III melalui usaha peternakan kambing dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Suru Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian adalah, pendamping masyarakat, ketua kelompok, anggota kelompok dan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Ternak Lobo III. Kemudian proses analisis data dilakukan menggunakan teknik reduksi data, kemudian penyajian data dan pearikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yang diambil dari hasil wawancaea dan observasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: 1). Pelaksanaan program usaha peternakan kambing yang dilakukan Kelompok Ternak Lobo III melalui tahap perencanaan program pemberdayaan, tahap pemformalisasi, tahap implementasi program, tahap monitoring dan evaluasi dan tahap pemformalisasi. 2). Program usaha peternakan kambing yang dilakukan Kelompok Ternak Lobo III ini memberikan dampak positif bagi anggota dan masyarakat yaitu dampak ekonomi (meningkatnya pendapatan masyarakat), dampak sosial (meningkatkan rasa kepedulian dan kerjasama antar masyarakat), dampak lingkungan (memperbaiki kualitas lingkungan). Hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2024 21:40
Last Modified: 25 Jun 2024 21:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20672

Actions (login required)

View Item View Item