PENGARUH KEMATANGAN EMOSI DAN SELF-ETEEM TERHADAP QUARTER LIFE CRISIS MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN SALATIGA SEMESTER AKHIR

RIZTANIA, NURHANIDHA RAHMA (2024) PENGARUH KEMATANGAN EMOSI DAN SELF-ETEEM TERHADAP QUARTER LIFE CRISIS MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH IAIN SALATIGA SEMESTER AKHIR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_NURHANIDHA RAHMA RIZTANIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURHANIDHA RAHMA RIZTANIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURHANIDHA RAHMA RIZTANIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURHANIDHA RAHMA RIZTANIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURHANIDHA RAHMA RIZTANIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_NURHANIDHA RAHMA RIZTANIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Riztania, Nurhanidha Rahma. 2021. Pengaruh Kematangan Emosi dan Self-Esteem terhadap Quarter-Life Crisis Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Semester Akhir. Skripi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Qurrotu Ayun, M.Psi. Kunci: Kematangan Emosi, Self Esteem, Quarter Life Crisis Tujuan Penelitian dalam skripsi ini ada tiga, (1) Mengetahui pengaruh kematangan emosi terhadap quarter life crisis mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga semester akhir. (2) Mengetahui pengaruh self-esteem terhadap quarter life crisis mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga semester akhir. (3) Mengetahui pengaruh kematangan emosi dan self-esteem terhadap quarter life crisis mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga semester akhir. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala yang dibagikan kepada responden melalui google form. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program bantuan microsoft excel 2019 dan SPSS versi 22 for windows. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Fakultas Dakwah angkatan 2018. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan porposive sampling dengan kriteria mahaiswa fakultas dakwah angkatan 2018 yang sedang mengambil mata kuliah skripsi dan mengalami quarter life crisis. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda yang terdiri dari uji t dan uji f. Dari hasil analisis data penelitian terhadap 71 mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga yang mengalami quarter life crisis didapatkan hasil analisis menggunakan uji t, taraf signifikansi kematangan emosi sebesar 0,001 < 0,05 dan t hitung > t tabel, koefisien t hitung bernilai negatif menunjukkan arah pengaruh, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara kematangan emosi terhadap quarter-life crisis. Taraf signifikansi untuk self-esteem sebesar 0,002 < 0,05 dan t hitung > t tabel koefisien t hitung bernilai negatif menunjukkan arah pengaruh, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara self-eteem terhadap quarter-life crisis. Dari hasil analisis menggunakan uji f, nilai signifikansi untuk pengaruh kematangan emosi dan self-esteem secara simultan terhadap Quarter-Life Crisis sebesar 0,00 < 0,05 dan f dapat diartikan terdapat pengaruh antara kematangan emosi dan self-esteem secara simultan terhadap Quarter-Life Crisis. Dari hasil analisis uji koefisien determinasi nilai R Square 0,364 atau 36,4% yang menunjukkan terdapat pengaruh yang simultan antara variabel kematangan emosi dan self-esteem terhadap quarter-life crisis sebesar 36,4% dan sisanya dipengaruhi variabel lain. Dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2024 19:25
Last Modified: 26 Jun 2024 19:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20695

Actions (login required)

View Item View Item