PENGEMBANGAN E-LKPD FLIPBOOK BERBASIS THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI BUNGA MAJEMUK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK FASE E SMA PUTRA BANGSA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

SARI, RISANTY PUSPITA (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD FLIPBOOK BERBASIS THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI BUNGA MAJEMUK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK FASE E SMA PUTRA BANGSA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
23070200001_Risanty Puspita Sari Naskah Skripsi_11zon_11zon (1)_11zon.pdf

Download (9MB)
[img] Text
23070200001_Risanty Puspita Sari Naskah Skripsi_11zon_11zon (1)_11zon.pdf

Download (9MB)
[img] Text
23070200001_Risanty Puspita Sari Naskah Skripsi_11zon_11zon (1)_11zon.pdf

Download (9MB)
[img] Text
23070200001_Risanty Puspita Sari Naskah Skripsi_11zon_11zon (1)_11zon.pdf

Download (9MB)
[img] Text
23070200001_Risanty Puspita Sari Naskah Skripsi_11zon_11zon (1)_11zon.pdf

Download (9MB)

Abstract

Sari, Risanty Puspita. 2024. Pengembangan E-LKPD Flipbook Berbasis Think Pair Share Dengan Pendekatan Problem solving Pada Materi Bunga Majemuk Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Fase E SMA PUTRA BANGSA Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: E-LKPD, Flipbook, Think Pair Share, Problem solving, Kemampuan Literasi Numerasi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-LKPD Flipbook berbasis Think Pair Share pada materi bunga majemuk dengan kriteria valid, efektif dan praktis terhadap kemampuan literasi dan numerasi peserta didik fase E SMA Putra Bangsa tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dengan menggunakan desain model pengembangan plomp yang mana langkah-langkah pengembangan melalui tiga tahap diantaranya Preliminary Research, Prototyping Phase, dan Assessment Phase. Instrumen hasil pengembangan berupa e-LKPD diuji validitasnya melalui validator ahli materi dan ahli media. Pengumpulan data menggunakan soal tes uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest. Analisis uji statistik menggunakan Uji Paired Sample T Test terhadap data yang sebelumnya sudah di uji pra-syarat menggunakan Uji Shapiro-Wilk dan Uji Levene Statistic. Uji kepraktisan LKPD diuji melalui respon guru dan peserta didik. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa berdasarkan analisis uji validasi produk e-LKPD oleh dua dosen ahli yaitu ahli materi dan ahli media mendapatkan nilai dengan rata-rata persentase sebesar 88,8% dengan kriteria sangat valid. Kemudian pada hasil analisis perhitungan nilai pretest dan posttest menunjukan adanya peningkatan nilai sebesar 27.08 dari rata-rata nilai sebesar 57,29 menjadi 84,37. Analisis perhitungan uji efektivitas diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan antara data hasil pretest dengan posttest, dengan hasil perhitungan sebesar 0,235. Hasil uji kepraktisan e-LKPD dengan rata-rata persentase sebesar 83,83% dengan kriteria sangat praktis. Sehingga produk e-LKPD berbasis Think Pair Share dengan Pendekatan Problem solving yang dikembangkan memiliki kategori valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2024 20:58
Last Modified: 26 Jun 2024 20:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20699

Actions (login required)

View Item View Item