EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN ISLAMIC INTEGRATED COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI BARU PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL-FALAH SALATIGA

Alimah, Ummi Habibah Nur (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN ISLAMIC INTEGRATED COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI BARU PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL-FALAH SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Ummi Habibah_006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada 3, yaitu: 1) mengetahui tingkat penyesuaian diri santri baru di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga, 2) mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan IICBT untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri santri baru di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga, 3) menganalisis efektivitas layanan konseling kelompok dengan IICBT untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri santri baru di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga. Desain penelitiannya adalah non-equivalent pretest and posstest control group design. Populasi penelitian berjumlah 60 santri. Sampel pada penelitian ini diambil 16 santri yang mempunyai tingkat penyesuaian diri rendah dan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 8 kelompok eksperimen dan 8 kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji Mann-Whitney. Hasil menunjukkan bahwa: (1) tingkat penyesuaian diri santri baru pondok pesantren Agro Nuur El-Falah ada 14 santri dalam kategori rendah, 44 santri dalam kategori sedang, dan 2 santri dalam kategori tinggi; (2) pelaksanaan layanan konseling kelompok dilakukan tiga kali pertemuan. Pada pertemuan pertama, AA dan MFH mengungkapkan sulit menyesuaikan diri karena harus bersosialisasi dengan orang baru. AQ, KAS dan NWR dengan kondisi emosional yang tidak stabil. Sedangkan AA sering menyalahkan dirinya atas kegagalan yang dialami. Peneliti menerapkan teknik IICBT dengan meningkatkan ibadah sholat berjamaah dan perilaku aktivasi. Pertemuan kedua dengan mengingat Allah atau dzikir. Pertemuan ketiga dengan menentang pikiran yang tidak rasional. Hasilnya dari segi kognitif, para santri mampu mengatasi rasa cemas dan stres dengan penerapan dzikir, dan berhasil mengubah pikiran negatif sehingga tidak menyalahkan dirinya atas kegagalan yang dialami. Dari segi perilaku, para santri lebih disiplin dalam mengikuti aturan pesantren dan lebih memberanikan diri bersosialisasi dengan teman yang lain; (3) hasil yang diperoleh dari hasil posttest menunjukkan median kelompok eksperimen lebih besar dari median kelompok kontrol yaitu 54 > 48,5 dan dalam uji Mann-Whitney signifikansi (2-tailed) 0,002 < 0,05. Sehingga layanan konseling kelompok dengan Islamic Integrated Cognitive Behavior Therapy efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri santri baru pondok pesantren Agro Nuur ElFalah Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jun 2024 21:55
Last Modified: 26 Jun 2024 21:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20704

Actions (login required)

View Item View Item