PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPAS MELALUI INTEGRASI STRATEGI LEARNING CONTRACT DALAM MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI REMBES 01 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Nuraini, Yulita Dwi (2024) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPAS MELALUI INTEGRASI STRATEGI LEARNING CONTRACT DALAM MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI REMBES 01 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
YULITA DWI NURAINI 23040200040.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULITA DWI NURAINI 23040200040.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULITA DWI NURAINI 23040200040.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULITA DWI NURAINI 23040200040.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULITA DWI NURAINI 23040200040.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULITA DWI NURAINI 23040200040.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULITA DWI NURAINI 23040200040.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YULITA DWI NURAINI 23040200040.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar IPAS materi Cerita Tentang Daerahku melalui integrasi strategi learning contract dalam model flipped classroom pada siswa kelas IV semester II SD Negeri Rembes 01 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Rembes 01 Bringin dengan jumlah 16 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan pencermatan dokumen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar angket. Kemudian, analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi strategi learning contract dalam model flipped classroom dapat meningkatkan kemandirian belajar IPAS materi Cerita Tentang Daerahku pada siswa kelas IV Semester II SD Negeri Rembes 01 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Hal ini dapat dibuktikan bahwa dari prasiklus ke Siklus I menunjukkan peningkatan yaitu sebesar 40,21% menjadi 61,63%, dengan ketuntasan kemandirian belajar individual 9 peserta didik atau 56,25%. Kemudian, dari Siklus I ke Siklus II juga menunjukkan peningkatan yaitu sebesar 61,63% menjadi 78,51%, dengan ketuntasan kemandirian belajar individual hampir seluruhnya yaitu 15 peserta didik atau 93,75%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:18
Last Modified: 27 Jun 2024 06:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20710

Actions (login required)

View Item View Item