MANAJEMEN PELATIHAN BIMBINGAN MANASIK DALAM MENINGKATKAN ANTUSIASME CALON JAMAAH HAJI DAN UMROH DI LEMBAGA BIMBINGAN HAJI DAN UMROH (LBHU) MULTAZAM KOTA SALATIGA TAHUN 2023

FIYANI, ELIVA AZIZUL (2024) MANAJEMEN PELATIHAN BIMBINGAN MANASIK DALAM MENINGKATKAN ANTUSIASME CALON JAMAAH HAJI DAN UMROH DI LEMBAGA BIMBINGAN HAJI DAN UMROH (LBHU) MULTAZAM KOTA SALATIGA TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Eliva Azizul Fiyani - 43020180096.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Eliva Azizul Fiyani - 43020180096.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fiyani, Eliva Azizul. 2023. Manajemen Pelatihan Bimbingan Manasik Dalam Meningkatkan Antusiasme Calon Jamaah Haji Dan Umroh Di Lembaga Bimbingan Haji Dan Umroh (Lbhu) Multazam Kota Salatiga Tahun 2023. Skripsi. Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Sri Rohmiyati, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Pelatihan, Bimbingan Manasik Haji, dan Antusiasme Jama’ah haji. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan tentang Manajemen Pelatihan Bimbingan Manasik Dalam Meningkatkan Antusiasme Calon Jamaah Haji Dan Umroh Di Lembaga Bimbingan Haji Dan Umroh (Lbhu) Multazam Kota Salatiga Tahun 2023 Metode penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik mencari informasi dengan wawancara. Sumber data pada penelitian ini meliputi data primer yaitu hasil wawancara dengan pegawai LBHU Multazam dan calon jama’ah haji Kota Salatiga tahun 2023. Selanjutnya data sekunder diperoleh melalui jurnal, studi pustaka dan data dokumen pegawai. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Pelatihan Bimbingan Manasik Haji sangat penting dalam meningkatkan sikap Antusiasme Jama’ah Haji di (LBHU) Multazam Kota Salatiga Tahun 2023. Sistem yang digunakan LBHU Multazam Kota Salatiga sudah bagus dengan mengedepankan melihat situasi dan kondisi yang ada sekarang, jadi dihadapan para calon jamaah haji para petugas pelatihan dan bimbingan sudah menyusun rencana yang nantinya akan mudah diterima serta dipahami oleh para jama’ah haji. Penerapan manajemen pelatihan dengan materi yang praktis dan sederhana saat bimbingan manasik haji maka bisa meningkatkan antusiasme jama’ah LBHU Multazam Kota Salatiga. Fasilitas untuk para calon jama’ah haji sudah memadahi dari segi sarana prasarana, maka menjadikan kenyamanan bagi para calon jama’ah haji. Sosialisasi yang dilakukan petugas sangat jelas, karena dengan memanfaatkan teknologi yang sudah serba modern yaitu berupa proyektor maka calon jama’ah haji bisa mudah memahaminya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2024 16:48
Last Modified: 27 Jun 2024 16:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20718

Actions (login required)

View Item View Item