Implementasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Trensains muhammadiyah Sragen dan SMA Science Plus Baitul Qur'an Sragen Tahun Ajaran 2023/2024

, Zainal Arifin (2024) Implementasi Nilai Wasathiyah Islam dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Trensains muhammadiyah Sragen dan SMA Science Plus Baitul Qur'an Sragen Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS ZAINAL ARIFIN KILL THE GAME .pdf

Download (3MB)
[img] Text
TESIS ZAINAL ARIFIN KILL THE GAME .pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis Implementasi Wasatiyah Islam di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen dan SMA Science Plus Baitul Qur’an Sragen. (2) Untuk menganalisis implikasi nilai Wasatiyah Islam di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen dan SMA Science Plus Baitul Qur’an Sragen.(3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung implementasi Wasatiyah Islam di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen dan SMA Science Plus Baitul Qur’an Sragen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan Kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai Implementasi dari program yang ada di sekolah mengenai Wasathiyah Islam melalui data yang diambil dari Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan: (1) Implementasi Wasatiyah Islam di SMA Trensains dan SMA Baitul Qur’an melalui perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan di SMA Trensains mencakup Penyiapan rancangan pembelajaran, media pembelajaran penyusunan langkah kegiaan, memberikan penyuluhan bagi orang tua. Di SMA SMA Baitul Qur’an mencakup penyusunan materi pembelajaran, penyiapan media pembelajaran dan penyuluhan bagi wali siswa,Pelaksanaan di SMA Trensains dialog antar siswa, dialog NU dan Muhammadiyah, Upacara bendera, Student Art Celebration. Sedangkan SMA Science Plus Baitul Qur’an juga memiliki kegiatan Upacara bendera, pembelajaran yang rasinal dan pekan penguatan spiritual. Evaluasi di SMA Trensains memiliki evaluasi mingguan, bulanan semesteran dan tahunan. SMA Science Plus Baitul Qur’an dilakukan dengan kegiatan supervisi langsung dari kepala sekolah.(2) Implikasi Wasatiyah Islam di SMA Trensains mencakup Toleransi, Pemahaman yang luas, anti ekstrimisme dan Ideologi non kekerasan. SMA Baitul Qur’an mencakup ideologi non kekerasan, pengetahuan yang luas anti ekstrimisme dan toleransi(3) Faktor penghambat dalam implementasiWasatiyah Islam meliputi faktor eksternal dan internal, antara lain kurangnya kesadaran siswa, pengaruh dari teman, pemahaman siswa yang paten dan pengaruh sosial media. Sedangkan faktor pendukung meliputi kreatifitas guru, sarana prasarana sekolah, kegiatan sekolah, masyarakat, kebudayaan lokal dan latar belakang siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2024 21:57
Last Modified: 27 Jun 2024 21:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20739

Actions (login required)

View Item View Item