STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING (CT) DALAM OPTIMASI PEMAHAMAN MATERI FIKIH DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH PULUTAN SALATIGA TAHUN 2023/2024

khusnuniyah, Hindhun (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING (CT) DALAM OPTIMASI PEMAHAMAN MATERI FIKIH DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH PULUTAN SALATIGA TAHUN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Revisi Skripsi FIX_Hindhunk.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Revisi Skripsi FIX_Hindhunk.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Computational Thinking (CT), Pemahaman, Fikih Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui strategi pembelajaran berbasis Computational Thinking (CT) dalam optimasi pemahaman materi fikih di Pondok Pesantren Salafiyah Pulutan Tahun 2023/2024. 2) mengetahui faktor pendukung proses pembelajaran berbasis Computational Thinking. 3) mengetahui faktor penghambat proses pembelajaran berbasis Computational Thinking (CT) dalam optimasi memahami materi fikih. Penelitian ini bersifat kualitatif yang termasuk kedalam jenis penelitian lapangan (field Research). Sumber data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lalu keabsahan data diperoleh dengan triangulasi. Kemudian setelah data terkumpul maka dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Strategi pembelajaran berbasis Computational Thinking (CT) dalam pemahaman materi fikih santri diajarkan dengan cara mengimplementasi indikator-indikatornya sebagai alat bantu pemahaman fikih santri, dan praktik secara langsung bagi santri. 2) Faktor pendukung dalam strategi pembelajaran berbasis Computational Thinking (CT) dalam pemahaman fikih santri adalah latar belakang santri, penyediaan materi yang lengkap (fikih, ushul fikih, dan kaidah fikhiyah), referensi yang mudah dijangkau, dan bimbingan guru profesional. 3) Faktor penghambat dari strategi pembelajaran berbasis Computational Thinking (CT) dalam pemahaman fikih santri adalah materi pembelajaran yang berbahasa arab, santri belum terbiasa dengan konsep Computational Thinking (CT), kurangnya kesadaran santri, intensitas belajar tentang konsep Computational Thinking (CT) dalam memahami materi fikih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2024 23:57
Last Modified: 27 Jun 2024 23:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20742

Actions (login required)

View Item View Item