EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA LOOSEPARTS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AL HUSNA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

A'SYIFA, HANI (2024) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA LOOSEPARTS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AL HUSNA KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FINIST ALHAMDULILAH SKRIPSI HANI A'SYIFA (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

A’Syifa, Hani. 2023. Evektifitas Metode Eksperimen dengan Bahan Loose Parts untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B di Tk Islam Al-Husna Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga : Ibdaul Latifah, M.Pd. Kata kunci : Efektivitas, Metode Eksperimen, Kecerdasan Naturalis, Loose Parts Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas metode eksperimen dengan bahan loose parts untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B di Tk Islam Al-Husna Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen . Penelitian ini melibatkan dua sampel kelas yaitu kelas B3 sebagai kelas kontrol dan B4 sebagai kelas eksperimen. data yang dikumpulkan berupa data tes dan data non tes. Data tes terdiri dari lembar soal yang telah diuji validitasnya. Data non tes berasal dari lembar observasi siswa yang telah divalidasi oleh ahli. Dalam penelitian ini uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Mean Whitneyy menggunakan analisis data SPSS 23 dengan hasil Hasil penelitian menunjukkan efektifitas penerapan metode eksperimen dengan media loose parts mampu meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B. Dibuktikan dengan hasil analisis data lembar observasi kecerdasan naturalis anak bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kecerdasan naturalis siswa kelas eksperimen dengan kecerdasan naturalis kelas kontrol didapatkan presentase sebesar 61,11% dan kelas eksperimen mendapatkan presentase sebesar 94,44%. Berdasarkan hasil dari statistic uji hipotesis Mean Whitneyy didapatkan hasil sig (2-tailed) sebesar 0,025<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka keputusan tersebut membuktikan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan dan pemebelajaran menggunakan metode eksperimen untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B DI Tk Islam Al-Husna tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2024 19:00
Last Modified: 28 Jun 2024 19:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20763

Actions (login required)

View Item View Item