IMPLEMENTASI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DAN SIKAP SOLIDARITAS PADA SISWA KELAS XI DI MAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

Fajri, Nadya (2024) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DAN SIKAP SOLIDARITAS PADA SISWA KELAS XI DI MAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NADYA FAJRI 23010190349.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NADYA FAJRI 23010190349.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, informan penelitian ini adalah waka kurikulum, waka kesiswaan, guru PAI, pembina organisasi, guru IPS, dan siswa MAN Temanggung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembiasaan kegiatan keagamaan pada siswa kelas XI di MAN Temanggung sudah berjalan dengan baik meskipun ada beberapa sedikit kendala. Pembiasaan kegiatan keagamaan yang ada di MAN Temanggung dilakukan dengan cara menerapkan metode pembiasaan, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan nasihat. 2) Implementasi pembiasaan sikap solidaritas pada siswa kelas XI di MAN Temanggung sudah berjalan dengan baik, meskipun dalam keseharian sikap solidaritas siswa belum maksimal, seperti halnya masih terdapat siswa yang membuat kelompok pertemanan sendiri, ada juga siswa yang tidak peduli dengan sekelilingnya dan hanya memikirkan diri sendiri. Pembiasaan sikap solidaritas yang dilakukan di MAN Temanggung ini dengan cara menerapkan metode pembiasaan, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan nasihat. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembiasaan kegiatan keagamaan dan sikap solidaritas pada siswa kelas XI di MAN Temanggung yaitu, kepribadian dan kesadaran diri, keteladanan pendidik, keteladanan orang tua, dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2024 19:36
Last Modified: 28 Jun 2024 19:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20766

Actions (login required)

View Item View Item