PEMBINAAN AKTIVITAS KEAGAMAAN DAN MORAL SOSIAL PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

WINDASARI, PUTRI KULSUM (2024) PEMBINAAN AKTIVITAS KEAGAMAAN DAN MORAL SOSIAL PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRISI FIKS PUTRI JILID.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRISI FIKS PUTRI JILID.pdf

Download (3MB)

Abstract

Windasari, Putri Kulsum. 2024. Pembinaan Aktivitas Keagamaan dan Moral Sosial Pada Siswa di SMA Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Hammam, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: Pembinaan, Aktivitas Keagamaan dan Moral Sosial Penelitian ini dilaksankan untuk mengetahui bagiamana pelaksanaan pembinaan aktivitas keagamaan dan moral sosial pada siswa di SMA 1 Tengaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi dan faktor pendukung serta penghambat dalam pembinaan aktivitas keagamaan dan moral sosial pada siswa di SMA 1 Tengaran. Peneliti melaksanakan penelitian ini dengan menggunakan metode peneltian kualitatif. Metode penelitian kualitatif menggunakan tiga cara yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan cara melaksanakan wawancara terhadap Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru pengampu mata pelajaran Bimbingan Konseling, dan peserta didik, selain itu juga dilaksanakan observasi langsung terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh para siswa dan pembinaan moral yang dilakukan oleh para pengajar serta pengumpulan data dokumentasi seperti foto, jurnal, buku, dan data lainya. Hasil penelitian ditemukan bahwa: Pertama, Pembinaan aktivitas keagamaan pada siswa di SMA N 1 Tengaran meliputi: salat berjamaah, berdo’a diawal dan diakhir pembelajaran, program literasi keagamaan dan peringatan hari besar islam. Kedua, Pembinaan moral sosial pada siswa di SMA N 1 Tengaran meliputi bimbingan dan nasihat serta kegiatan sekolah. Ketiga, Strategi dalam pembinaan aktivitas keagamaan dan moral sosial meliputi bimbingan dan teladan bapak ibu guru. Ketiga, Faktor pendukung pembinaan aktivitas keagamaan pada siswa di SMA N 1 Tengaran program sekolah, pembinaan guru, serta sarana dan prasarana sekolah. Faktor penghambatnya kurangnya kesadaran para peserta didik, fasilitas yang kurang memadai serta tidak konsisten peran guru. Faktor pendukung pembinaan moral sosial pada siswa di SMA N 1 meliputi lingkungan keluarga dan masyarakat, peran guru selaku pembina dan berbagai kegiatan sekolah. Faktor penghambatnya meliputi lingkungan sekitar, kesadaran peserta didik yang kurang serta kurangnya pengawasan dari guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2024 20:13
Last Modified: 28 Jun 2024 20:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20772

Actions (login required)

View Item View Item