PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI PERADABAN PADA MASA DAULAH SYAFAWI DI PERSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS XI IPA MA NUDIA KECAMATAN GUNUNGPATI KABUPATEN SEMARANG KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

pramudya, Erlang sindhu (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI PERADABAN PADA MASA DAULAH SYAFAWI DI PERSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS XI IPA MA NUDIA KECAMATAN GUNUNGPATI KABUPATEN SEMARANG KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ERLANG SINDHU PRAMUDYA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ERLANG SINDHU PRAMUDYA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ERLANG SINDHU PRAMUDYA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ERLANG SINDHU PRAMUDYA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sindhu, Pramudya Erlang, 2023. Peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan islam materi peradaban islam pada masa Daulah Syafawi di Persia denganmenggunakan metode Group Investigation dan Scramble pada siswa kelas XI IPA MA Nudia Kota Semarang Tahun pelajaran 2023/2024. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, program studi S-1 Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperative Learning tipe Group Investigation Hasil belajar materi Peradaban Islam pada masa Daulah Syafawi di Persia di kelas XI MA Nudia Kota Semarang masih terbilang rendah salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya nilai belajar adalah penggunaan metode dan media yang kurang tepat, menjadikan siswa cepat bosan, tidak tertarik dengan pembelajaran dan kurang aktif saat pembelajaran dimulai. Oleh karena itu peneliti menerapkan metode Group Investigation dan Scramble pada peserta didik kelas XI MA Nudia Kota Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024 guna meningkatkan hasil belajar peserta didik dari segi aspek kognitif dan psikomotorik peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian tindakan kelas ini menghasilkan II siklus. Yang mana terdiri dari empat tahap yaitu perncanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan subjek penelitiannya peserta didik kelas XI MA Nudia Kota Semrang. Dan objeknya adalah peningkatan hasil belajar dari penggunaan metode Group Investigation dan Scramble pada materi Peradaban Islam pada masa Daulah Syafawi di Persia. Temuan dari penelitian ini yaitu: pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan prosedur pembelajaran dan meningkatkan hasil rata-rata dalam kelas. Hasil belajar pada siklus I meningkat yaitu sebanyak 12 peserta didik dengan mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 62% dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 52% dan dilanjutkan pada siklus II, pada siklus ini peningkatan nilai dengan jumlah 23 peserta didik tingkat ketuntasan belajar sebanyak 92% dan pada akhir siklus II ini sudah mencapai target yang mencapai ketuntasan klasikal 85%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2024 21:07
Last Modified: 28 Jun 2024 21:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20778

Actions (login required)

View Item View Item