PENGARUH SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS MA’ARIF NAHDATUL ULAMA KEMALANG KLATEN

widodo, Rahmad (2024) PENGARUH SELF EFFICACY DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS MA’ARIF NAHDATUL ULAMA KEMALANG KLATEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RAHMAD WIDODO FINAL.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI RAHMAD WIDODO FINAL.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Self Efficacy dan Self Regulated Learning secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar di sekolahan MTs Ma‟Arif Nahdatul Ulama Kemalang Klaten. Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu bahwa banyak siswa yang lemah dengan tingkat percaya diri mereka saat menjawab soal matematika dan pada saat ingin melakukan ulangan banyak siswa yang tidak menyiapkan ulangan tersebut. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode korelasional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampel Jenuh. Siswa kelas IX yang berjumlah 75 siswa. Pada penelitian ini terdapat instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Dokumentasi meliputi hasil belajar matematika dari nilai raport kelas XIII Semester Genap. Angket yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Self Efficacy dan Self Regulated Learning yang sudah divalidasi oleh Dosen Tadris Matematika. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, regresi linear sederhana, dan regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menjelaskan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Self Efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX MTS Ma‟Arif Nahdatul Ulama Kemalang Klaten dengan sebesar 1,402 dan nilai signifikan sebesar 0,165, dan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Self Regulated Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTs Ma‟Arif Nahdatul Ulama Kemalang Klaten dengan sebesar 2,462 dan nilai signifikan 0,016. Selain itu hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara Self Efficacy dan Self Regulated Learning terhadap hasil belajar matematika siswa MTS Ma‟Arif Nahdatul Ulama Kemalang Klaten dengan sebesar 3,471 dan nilai signifikan 0,036. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui variabel Self Efficacy dan Self Regulated Learning secara simultan memberikan pengaruh sebesar 8,8%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2024 21:09
Last Modified: 28 Jun 2024 21:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20779

Actions (login required)

View Item View Item