PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE PERSONALITY TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA BENGKEL ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 SALATIGA

Zidniinnuur, Muhammad (2024) PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE PERSONALITY TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA BENGKEL ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Muhammad Zidniinnuur PI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi Muhammad Zidniinnuur PI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi Muhammad Zidniinnuur PI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE PERSONALITY TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA BENGKEL ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 2 SALATIGA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Zidniinnuur, Muhammad. 2024. Pengaruh tipe kepribadian Big Five Personality terhadap perilaku prokrastinasi akademik siswa bengkel elektronika industri SMK Negeri 2 Salatiga. Skripsi. Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Aufa Abdillah, M.Psi. kata kunci: tipe kepribadian Big Five, prokrastinasi akademik Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui variasi tipe kepribadian Big Five Personality pada siswa bengkel elektronika industri SMK Negeri 2 Salatiga. 2) Untuk mengetahui variasi perilaku prokrastinasi akademik pada Siswa bengkel elektronika industri SMK Negeri 2 Salatiga. 3) Untuk mengetahui pengaruh tipe kepribadian Big Five Personality terhadap perilaku prokrastinasi akademik Siswa bengkel elektronika industri SMK Negeri 2 Salatiga. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan pendekatan kuantitaif. Populasi penelitian sebanyak 540 siswa atau remaja dan sampel penelitian yang diambil sebanyak 100 siswa usia 14-17 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan pengambilan data menggunakan skala likert yang disusun berdasarkan skala Big Five Personality yang terdiri dari Openess to Experience (α=0,809, 10 aitem), Conscientiousness (α=0,871, 19 aitem), Extraversion (α=0,820, 14 aitem), Agreeableness (α=0,737, 13 aitem), serta Neurotism (α=0,829, 12 aitem), dan skala Prokrastinasi akademik (α=0,902, 25 aitem). Dimensi Openness berpengaruh signifikan terhadap Perilaku prokrastinasi akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0,019, t tabel sebesar -2,386. Dimensi Conscientiousness berpengaruh signifikan terhadap Perilaku prokrastinasi akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0,001, t tabel sebesar -3,532. Dimensi Extraversion berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0,012, t tabel sebesar 2,574. Dimensi Agreeableness tidak berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0,410, t tabel sebesar -0,827. Dimensi Neuroticism tidak berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai signifikansi sebesar 0,804, t tabel sebesar -0,424. Diperoleh nilai koefisien Determinasi Adjusted R Square sebesar 0,455, artinya 45,5% variabel terikat Perilaku prokrastinasi akademik dijelaskan oleh variabel bebas yang terdiri Openness to Experience (X1), Conscientiousness (X2), Extraversion (X3), Agreeableness (X4), Neuroticism (X5), dan sisanya 54,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jun 2024 23:07
Last Modified: 28 Jun 2024 23:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20785

Actions (login required)

View Item View Item