Penyakit Ain Dalam Al-Qur'an (Studi Komparasi Penafsiran Tentang Ayat-Ayat Penyakit Ain Dalam Tafsir Al-Qur'an Al-Adzim Karya Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Mishbah Karya M.Quraish Shihab)

khoiriyah, Siti (2024) Penyakit Ain Dalam Al-Qur'an (Studi Komparasi Penafsiran Tentang Ayat-Ayat Penyakit Ain Dalam Tafsir Al-Qur'an Al-Adzim Karya Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Mishbah Karya M.Quraish Shihab). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi siti khoiriyah fixxx bnget publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penyakit Ain Dalam Al-Qur’an (Studi Komparasi Ayat-Ayat Tentang Penyakit Ain Dalam Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim Karya Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab)”. Dalam Al-Qur’an terdapat ayat yang menjelaskan tentang penyakit ain. Penyakit ain berasal dari tatapan yang dilontarkan dengan hati yang hasad dan berasal dari kekaguman seseorang yang melihat sesuatu. Penyakit ain dapat mempengaruhi pikiran dan perasaan yang berdampak negatif bagi Kesehatan. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu, bagaimana hakikat penyakit ain yang dijelaskan di dalam Al-Qur’an perspektif para ulama tafsir yaitu Ibnu Katsir dalam kitab Al-Qur’an Al-Adzim dan M.Quraish Shuhab dalam kitab Al-Mishbah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dalam bentuk penelitian perpustakaan (library research). Pelaksanaan penelitian menggunakan bahan Pustaka untuk mendapatkan sumber penelitian dengan membatasi prosesnya hanya pada koleksi perpustakaan tanpa memerlukan penelitian langsung di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah ayat tentang hakikat penyakit ain Dalam Al-Qur’an yang diteliti dari kitab termasyhur pada masanya. Di dalam Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim dan Tafsir Al-Mishbah tidak jauh berbeda dalam menafsirkan Q.S. Al-Falaq ayat 5 dan Q.S. Al-Qalam ayat 51, keduanya sepakat bahwa pandangan mata seseorang yang memiliki rasa kagum ataupun iri mampu mencelakan seseorang yang didengkinya sedangkan dampak dari penyakit ain yaitu terjadinya perubahan terhadap perilaku dan raut wajah seperti wajahnya tampak memerah, padahal roman wajah tidak ada sebelumnya. Kata Kunci: Penyakit Ain, Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim, Tafsir Al-Mishbah.  

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2024 06:16
Last Modified: 29 Jun 2024 06:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20792

Actions (login required)

View Item View Item