IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DALAM PUJI-PUJIAN SEBELUM SHALAT PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUT THOLIBIN JETIS DESA GENTAN KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024

FIDARONI, FAZA (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DALAM PUJI-PUJIAN SEBELUM SHALAT PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUT THOLIBIN JETIS DESA GENTAN KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FAZA FIDARONI 23010170106 .pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FAZA FIDARONI 23010170106 .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bentuk dan isi puji-pujian sebelum shalat, 2) Makna dan tujuan puji-pujian sebelum shalat, 3) Implementasi nilai-nilai religiusitas dalam puji-pujian sebelum shalat pada santri di Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Jetis Desa Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini meliputi pengasuh, pengurus dan santri yang ada di Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin Jetis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tiga alur yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk puji-pujian sebelum shalat yang dilantunkan berupa syair, doa, dan shalawat. Berisi tentang doa dan harapan, puji-pujiannya yaitu: Syiir Tanpo Wathon, Laa ilaha illallah Al-Malikul Haqqul Mubin dan Allahul Kafi. 2) Makna yang terkandung tentang ketauhidan, Allah zat yang Maha Mencukupi, Melapangkan Rezeki, Melindungi, Memberi Pertolongan, anjuran berakhlak baik dan berbudi luhur. Sedangkan tujuan diadakannya pujian sebelum shalat diantaranya; sebagai media dakwah Islam, sarana mengkondisikan para santri agar tidak ngobrol di dalam masjid, mengagungkan kebesaran Allah, meningkatkan rasa cinta kepada Baginda Rasulullah SAW, mengobati rasa jemu sembari menunggu waktu shalat dan imam datang, serta membiasakan para santri untuk mengucapkan kalimat-kalimat yang baik seperti pujian dan shalawat. 3) Implementasi puji-pujian sebelum shalat pada santri dalam kehidupan sehari-hari membawa banyak nilai-nilai religiusitas khusunya dalam hal akhlak seperti: meningkatkan sikap disiplin dan rajin beribadah, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, terlatih untuk senantiasa berdzikir, menjaga lisan, menjalin kerukunan dan persatuan antar sesama muslim, sikap tolong menolong dan peduli terhadap sesama, jujur, cinta ilmu agama, munculnya rasa tanggung jawab, sabar dan syukur, serta munculnya sikap komunikatif antar sesama dengan pembiasaan mengucapkan bahasa-bahasa dalam puji-pujian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2024 18:02
Last Modified: 29 Jun 2024 18:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20796

Actions (login required)

View Item View Item