Pengaruh Supply Chain Halal Management, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kota Salatiga Dengan Tingkat Penjualan Sebagai Variabel Intervening

kholisoh, Siti nur (2024) Pengaruh Supply Chain Halal Management, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kota Salatiga Dengan Tingkat Penjualan Sebagai Variabel Intervening. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
File Skirpsi Siti N K.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File Skirpsi Siti N K.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat penjualan dan kinerja keuangan pada UMKM di Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbasis survei guna mengumpulkan data primer. Sampel dalam penelitian kali ini sebanyak 95 UMKM di Kota Salatiga yang berpotensi menjual produk halal. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampel insindental. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS. Pada penelitian ini didukung dengan teori kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan inovasi produk dan kualitas produk mampu mempengaruhi kinerja keuangan UMKM. Sedangkan supply chain halal management tidak mampumempengaruhi kinerja keuangan UMKM. Lebih lanjut, supply chain halal management dan kualitas produk berpengaruh terhadap tingkat penjualan. Sedangkan inovasi produk dinilai tidak dapat mempengaruhi tingkat penjualan. Hasil penelitian juga memberikan implikasi bagi pelaku UMKM di Kota Salatiga agar lebih selektif dalam menerapkan faktor-faktor yang dinilai dapat meningkatkan kinerja keuangan usaha. Kata Kunci: Supply chain halal management; Inovasi produk; Kualitas produk; Kinerja keuangan; Tingkat penjualan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 15:27
Last Modified: 01 Jul 2024 15:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20811

Actions (login required)

View Item View Item