PEMBINAAN SIKAP KEAGAMAAN DAN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Mijdal, Baha Shofa (2024) PEMBINAAN SIKAP KEAGAMAAN DAN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA SISWA DI SMP NEGERI 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi_baha-2[1].pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi_baha-2[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mijdal, Baha Shofa, 2024. Pembinaan Sikap Keagamaan dan Ukhuwah Islamiyah pada Siswa di SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi pendidikan Agama Islam. Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembinaan, Sikap Keagamaan, Ukhuwah Islamiyah Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitin ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan sikap keagamaan dan ukhuwah Islamiyah pada siswa, faktor pendukung dan penghambat pembinaan sikap keagamaan dan ukhuwah Islamiyah di SMP Negeri 2 Tuntang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif karena data dan hasil dari penelitian ini diperoleh, diolah, dan dijelaskan berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dengan Kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, siswa dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembinaan sikap keagamaan dan ukhuwah Islamiyah pada siswa di SMP Negeri 2 Tuntang dengan memberikan keteladanan, pembiasaan, dan dilakukan melalui kegiatan yang ada di dalam kelas ataupun di luar kelas. (2) Faktor pendukung dalam pembinaan sikap keagamaan dan ukhuwah Islamiyah adalah adanya kerja sama yang baik antara seluruh pendidik, staf, karyawan dan peserta didik, pola asuh orang tua yang baik sangat mendukung kegiatan pembinaan sikap keagamaan dan ukhuwah Islamiyah. (3) Faktor penghambat dalam pembinaan sikap keagamaan dan ukhuwah Islamiyah ada 3 faktor yaitu peserta didik tidak ada kesadaran untuk berubah kearah lebih baik, lingkungan anak yang tidak mendukung, Fasilitas sekolah yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 16:12
Last Modified: 01 Jul 2024 16:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20812

Actions (login required)

View Item View Item