Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram dan Body Shaming terhadap Body Image pada Perempuan Dewasa Awal (18-25 Tahun) Di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi

PUTRI, INDRI HAFSARI (2024) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram dan Body Shaming terhadap Body Image pada Perempuan Dewasa Awal (18-25 Tahun) Di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
INDRI HAFSARI PUTRI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
INDRI HAFSARI PUTRI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
INDRI HAFSARI PUTRI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
INDRI HAFSARI PUTRI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Indri Hafsari Putri_43040200011.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Indri Hafsari Putri_43040200011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Putri, Indri H. 2024. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram dan Body Shaming Terhadap Body Image Pada Perempuan Dewasa Awal (18 – 25 Tahun) Di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan . Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Andi Bahtiar Semma, M. Kom Kata Kunci: Media Sosial Instagram, Body Shaming, dan Body Image Penelitian ini bertujuan untuk memahami beberapa aspek, termasuk (1) sejauh mana variasi dalam penggunaan media sosial Instagram memengaruhi Body Image pada perempuan dewasa awal (usia 18-25 tahun) di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, (2) sejauh mana variasi dalam Body Shaming memengaruhi Body Image pada perempuan dewasa awal (usia 18-25 tahun) di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, dan (3) bagaimana penggunaan media sosial Instagram dan Body Shaming bersama-sama mempengaruhi Body Image pada perempuan dewasa awal (usia 18-25 tahun) di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian perempuan dewasa awal (18-25 tahun) Dikabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 101 subjek. Data yang telah didapatkn kemudian diolah menggunakan SPSS Statistics 25. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, aji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis pertama menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001. Karena nilai tersebut lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Body Image. Uji hipotesis kedua juga menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang juga lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara Body Shaming terhadap Body Image. Uji hipotesis ketiga menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang kembali lebih kecil dari 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersamaan, variabel independen (Penggunaan Media Sosial Instagram dan Body Shaming) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (Body Image).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Jul 2024 16:41
Last Modified: 01 Jul 2024 16:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/20815

Actions (login required)

View Item View Item